The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Reformasi Digital Berlanjut, Jokowi Sebut Anggarkan Rp414 Triliun di APBN 2021
Presiden Joko Widodo di lokasi pembukaan masa persidangan I DPR tahun 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
News

Reformasi Digital Berlanjut, Jokowi Sebut Anggarkan Rp414 Triliun di APBN 2021

Untuk apa saja?

Jumat, 14 Agustus 2020 16:05 WIB 14 Agustus 2020, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah terus melanjutkan pembangunan infrastruktur digital untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain di dunia, serta meningkatkan daya saing di berbagai bidang, termasuk sektor industri melalui pembangunan infrastruktur digital yang merata di seluruh Indonesia. 

Bahkan, meski masih di tengah fokus pemerintah dalam penanganan masalah pandemi corona dan pemulihan ekonomi, pemerintah tetap menganggarkan Rp414 triliun di 2021 untuk pembangunan infrastruktur digital. 

Adapun fokus pemerintah sendiri yaitu pada infrastruktur untuk penunjang konektivitas dan pemenuhan kebutuhan dasar. 

"Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa ketersediaan dan berfungsinya infrastruktur digital menjadi sangat penting dan strategis," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang DPR terkait Keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2021 beserta Nota Keuangannya di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Jokowi mengatakan, belanja infrastruktur diarahkan untuk penguatan infrastruktur digital dan mendorong efisiensi logistik dan konektivitas.
Hal berikutnya adalah infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata.

"Serta pembangunan sarana kesehatan masyarakat dan penyediaan kebutuhan dasar, seperti air, sanitasi, dan permukiman," jelasnya. 

Pemerintah sendiri menetapkan RAPBN tahun 2021 dengan rencana Pendapatan Negara Rp1.776,4 triliun dan Belanja Negara Rp2.747,5 triliun, maka defisit anggaran diperkirakan mencapai Rp 971,2 triliun atau setara 5,5% dari PDB. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Sigit Nugroho
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter
JOIN US
JOIN US