Sidang Tahunan MPR 2020: Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Soal Ancaman Krisis di Depan Mata

- Jumat, 14 Agustus 2020 | 10:18 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan pidato pengantar dalam rangka sidang tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumaypras)
Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan pidato pengantar dalam rangka sidang tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumaypras)

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) pada hari ini, Jumat (14/8/2020) menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR 2020 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jakarta.

Dalam pidato pembukaan sidang, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah terkait ancaman resesi Indonesia yang sudah di depan mata. Politisi Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu pun meminta pemerintah segera menjalankan mitigasi terhadap risiko terjadinya krisis, melalui kebijakan-kebijakan yang tepat dan komprehensif, agar mampu mendorong perekonomian masyarakat, agar Indonesia lolos dari krisis ekonomi akibat pandemi corona.

"Seperti kita ketahui bahwa pada periode Maret sampai pertengahan bulan Agustus 2020 ini menjadi fase terberat bagi perekonomian Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II-2020 minus 5,32% dibanding triwulan II-2019," ujar Bamsoet, Jumat (14/8/2020).

Bamsoet mengakui, memburuknya perekonomian tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga pertumbuhan ekonomi global yang  merosot tajam karena terganggunya aktivitas perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Bahkan menurutnya, Bank Dunia melansir bahwa resesi sudah hampir pasti terjadi di seluruh wilayah ekonomi dunia. Resesi akibat Covid-19 ini merupakan yang terburuk dalam sejarah sejak Perang Dunia II.

"Sebelumnya Dana Moneter Internasional (IMF) juga telah melansir proyeksi serupa. Bahkan, dalam outlook yang dipublikasikan pada bulan April 2020, IMF menyebut resesi kali ini lebih dalam daripada era Great Depression pada tahun 1930-an," ungkapnya.


 
Bamsoet juga mengungkap, Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) sudah melansir proyeksi yang sama. Dalam laporan terbarunya, OECD menyebut, pandemi Covid-19 semakin membuat dunia terseret dalam jurang resesi terburuk di luar periode perang dalam 100 tahun. Dampak ekonomi akibat virus corona sangat buruk sekali.

"Pemulihannya akan lambat dan krisis akan memiliki dampak yang bertahan lama, secara tidak proporsional memengaruhi golongan masyarakat yang paling rentan," sebutnya.

Bamsoet pun menyebut, jika tidak segera diatasi, efek domino resesi akan menyebar ke berbagai sektor, mulai dari macetnya kredit perbankan hingga lonjakan inflasi yang sulit dikendalikan atau sebaliknya deflasi yang tajam karena perekonomian tidak bergerak.

Kemudian, lanjut Bamsoet, neraca perdagangan akan menjadi minus dan berimbas langsung pada cadangan devisa.

-
Suasana sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumaypras)

Dalam skala riilnya, dampak resesi terhadap sebuah negara adalah meningkatnya pengangguran, anjloknya pendapatan, meningkatnya angka kemiskinan, merosotnya harga aset seperti pasar saham atau properti, melebarnya angka ketimpangan, tingginya utang pemerintah bersamaan dengan penerimaan pajak yang anjlok, serta produksi yang hilang secara permanen, dan bisnis gulung tikar.

"Oleh karena itu saatnya kita bergotong-royong terus mendukung  kebijakan pemerintah yang telah melakukan langkah konkrit mendorong peningkatkan ekonomi sektor riil," tegasnya.

"Pimpinan dan Anggota MPR memberikan dukungan kepada pemerintah untuk mensinergikan kebijakan pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19. Keputusan pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, kami pandang sangat tepat, mengingat persoalan ekonomi dan kesehatan tidak dapat dipisahkan dengan penanganan Covid-19," pungkasnya.

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X