Berisiko Tinggi Terpapar, Setelah dari Bioskop Disarankan Isolasi Mandiri 14 Hari

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 21:54 WIB
Pengunjung menyaksikan film yang di putar di salah satu bioskop di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/10/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Pengunjung menyaksikan film yang di putar di salah satu bioskop di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/10/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Belakangan ini Pemerintah DKI Jakarta, dan Bandung menjadi sorotan setelah mengeluarkan izin kepada bioskop untuk kembali beroperasi di tengah pandemi. Namun, sebesar apa sih risiko terpapar COVID-19 di Bioskop?

Berdasarkan pemaparan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), memasukan penonton di bioskop justru berisiko tinggi tertular COVID-19. Hal ini karena bioskop merupakan ruang tertutup dengan ventilasi yang kurang optimal.

"Virus ditularkan melalui droplet saat kita berbicara, tertawa, dan bernafas. Bioskop merupakan tempat Anda duduk dengan ruangan yang penuh dengan orang asing yang makan dan minim selama 2-3 jam dengan ventilasi yang kurang optimal," ujar Anne Rimoin, PhD, MPH, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health.

Di sisi lain, menurut Carol A. Winner MPH yang merupakan pendiri gerakan jarak sosial Give Space, mengatakan bahwa adanya kemungkinan terpapar COVID-19 di dalam bioskop serupa dengan yang terjadi di dalam restoran.

"Meskipun orang lebih sedikit berbicara ketika di bioskop, masker bisa dilepas, dan kemungkinan bahaya datang ketika mereka tertawa, batuk, bersin, dan kemudian mencoba berbicara dengan teman mereka yang jaraknya satu setengah meter," ujarnya, dilansir dari laman Health, Selasa (13/10/2020).

Lebih lanjut, Anne Rimoin tidak merekomendasikan masyarakat untuk pergi ke bioskop di tengah pandemi, sebab peluang terpapar lebih tinggi.

"Lebih aman bercengkrama di rumah sambil menyaksikan streaming film dan semangkuk besar popcorn daripada pergi ke bioskop. Ada terlalu banyak variabel yang membuat kita berisiko (terinfeksi)," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X