Setelah Anut 'Agama Negara', 2 Anak Suku Anak Dalam Diberi Beasiswa

- Selasa, 22 Desember 2020 | 13:59 WIB
Seorang anak dari Suku Anak Dalam yang mengenakan seragam Sekolah Dasar (Foto: Antara)
Seorang anak dari Suku Anak Dalam yang mengenakan seragam Sekolah Dasar (Foto: Antara)

Dua orang anak yang berasal dari Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mendapatkan beasiswa pendidikan dari pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Beasiswa tersebut diberikan sebagai upaya untuk memajukan kualitas pendidikan masyarakat yang berada di daerah pelosok.

Dilansir dari Antara, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan beasiswa tersebut diberikan kepada dua orang anak berprestasi dari Suku Anak Dalam yang berada di Muara Medak, Kecamatan bayung Lencir.

Dua orang anak yang mendapatkan beasiswa itu dalah Fatmawati dan Aditia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mahdaliah jambi.

Salah seorang anak yang menerima beasiswa tesebut, Fatmawati mengatakan dengan beasiswa yang didapatnya itu ia ingin membanggakan kedua orang tuanya.

"Semoga melalui beasiswa ini saya bisa mencapai cita-cita saya," katanya.

Selanjutnya, untuk melakukan optimalisasi terhadap program beasiswa kepada anak-anak yang berasal dari Suku Anak Dalam ini pihak Pemerintah Kabupaten Muba juga telah melakukan pendataan terhadap jumlah Suku Anak Dalam yang berada di wilayah Hutan Harapan desa Sako Suban, Kecamatan batanghari Leko.

Suku Anak Dalam sendiri sebelumnya sempat kesusahan mendapatkan akses pendidikan dan layanan lainnya, lantaran belum memeluk salah satu dari 6 agama yang diakui negara. 

Banyak dari mereka yang terpaksa harus meninggalkan keyakinan leluhur mereka dan beralih ke "agama negara" demi memutus rantai kesusahan yang selama ini mereka rasakan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X