UAS Sebut Tiup Terompet Tradisi Yahudi Saat Rayakan Pergantian Tahun Baru, Ini Alasannya

- Senin, 21 Desember 2020 | 19:20 WIB
Ustadz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)
Ustadz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)

Ustadz Abdul Somad (UAS) saat mengisi salah satu ceramah menyebut bahwa umat muslim dilarang untuk merayakan tahun baru. UAS menyebut merayakan tahun baru seperti meniup terompet, memainkan kembang api merupakan tradisi orang Yahudi.

Dalam sebuah video ceramah UAS yang dibagikan oleh akun Youtube Dakwah Cyber pada tahun 2018 silam, tampak UAS menjawab pertanyaan dari salah satu jemaah yang menanyakan mengenai perayaan tahun baru.

"Pak ustadz bagi kita merayakan tahun baru dengan kembang api dan bakar ayam?" tanya UAS membaca pertanyaan dari jemaah, seperti dikutip INDOZONE pada Senin (21/12).

Ulama Indonesia berdarah batak itu menyebut bahwa meniup terompet merupakan perjanjin lama orang Yahudi setiap menyambut datangnya tahun baru .

"Maka tiuplah terompet-terompet untuk menyambut tahun baru dalam tradisi Yahudi perjanjian lama. Itu ditiuplah terompet dari kepala tanduk kerbau," kata UAS.

Ia juga menyarankan para jemaah untuk mengisi malam tahun baru dengan kegiatan islami yakni tabligh akbar dan muhasabah di mesjid.

"Tanggal 31 Desember, malam tahun baru mesjid buat tabligh akbar undang pendakwah, jam 10-11 muhasabah, jam 12-1 terus," kata UAS.

Sedangkan untuk anak-anak muda yang tidak datang ke mesjid lebih, UAS menyarankan untuk tidur dirumah. 

"Untuk anak-anak muda yang tidak datang ke mesjid tidur, kalau gak bisa tidur makan antimo dua biji," ujar UAS.

UAS juga bercerita bahwa dirinya pernah diundang salah satu pejabat pemprov untuk mengisi ceramah saat malam tahun.

Saat ditanya mengapa dirinya diundang, pejabat  tersebut menjawab supaya anak-anak mudanya jangan ngebut dan bakar-bakar ayam.

"Ustdaz ke kampung kami ceramah. Kenapa? Supaya anak-anak muda di sini tidak bakar-bakar ayam,” sambung UAS dalam video tersebut.

Seperti yang diketahui, pergantian tahun tak terasa hanya tinggal beberapa hari lagi. 

Bagi yang merayakannya kini tengah sibuk mempersiapkan acara apa yang akan dilakukan di malam pergantian tahun tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X