Dukcapil Sudah Terbitkan 4 Akte Kematian Korban SJ182 yang Teridentifikasi

- Rabu, 13 Januari 2021 | 18:55 WIB
Kantong berisi potongan tubuh dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 di JICT, Jakarta Utara. (Dok. Basarnas)
Kantong berisi potongan tubuh dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 di JICT, Jakarta Utara. (Dok. Basarnas)

Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri menyebut pihaknya sudah menerbitkan empat dokumen atau akte kematian korban SJ182 yang teridentifikasi. Dukcapil juga akan menyerahkan dokumen tersebut ke pihak keluarga korban.

"Tentang dokumen kependudukan Okky Bisma sudah kita serahkan kepada keluarga," kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif dalam konferensi pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (13/1/2021).

Isi dari dokumen tersebut antara lain akte kematian, kartu keluarga dan KTP elektronik dari istri korban. Dia menyebut penerbitan akte kematian itu tidak akan dipersulit oleh pihaknya.

"Persyaratannya cukup surat keterangan kematian ataupun data kematian dari karumkit, jadi sangat mudah," beber Zudan.

Lebih jauh dia menyebut, untuk data tiga jenazah yang sudah teridentifikasi, akta kematian para korban sudah diselesaikan pihaknya dan tinggal diberikan kepada keluarga korban.

"Tiga korban yang ditemukan kemarin, dokumen kependudukannya sudah kita selesaikan. Penyerahannya menunggu kesepakatan keluarga dan nanti bersama-sama dengan Pak Dirut Jasa Raharja," kata Zudan.

"Dan dua korban yang ditemukan hari ini kami sedang memproses dokumen kependudukannya untuk diserahkan kepada keluarga," sambungnya.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 dengan rute Jakarta-Pontianak sempat hilang kontak di Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 9 Januari 2021. Kabar hilang kontak pesawat itu pun disusul dengan kepastian jika pesawat itu jatuh di dekat Pulau Laki.

Total, pesawat tersebut mengangkut 62 orang diantaranya 12 kru pesawat dan 50 penumpang. 50 penumpang itu terdiri dari 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan tiga bayi.

Total, tim DVI Polri sendiri sudah berhasil mengidentifikasi enam jasad korban. Enam jasad itu antara lain bernama Okky Bisma, Fadly Satrianto, Khasanah, Asy Habul Yamin, Indah Halimah Putri dan Agus Minarni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X