Mensos Risma Ingin 6 Ribu Nasi Bungkus Disiapkan untuk Korban Gempa Sulbar

- Minggu, 17 Januari 2021 | 12:51 WIB
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. (photo/ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. (photo/ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini memerintahkan jajarannya segera mendirikan dapur umum darurat bagi korban gempa Sulawesi Barat. Risma berharap, dalam sehari ada 6 ribu nasi bungkus dibagikan ke pengungsi.

"Satu unit mobil dapur umum bisa memasak sampai 2 ribu nasi bungkus dalam satu kali masak. Sehingga dalam sehari bisa menghasilkan 6 ribu nasi bungkus," ucap Risma dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Risma juga meminta jajarannya untuk mengirimkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) guna membantu para korban bencana. Mantan Wali Kota Surabaya itu emastikan Kemensos sudah menyalurkan bantuan logistik.

"Bantuan logistik sudah dalam perjalanan menuju lokasi terdampak gempa. Tim LDP melaporkan bahwa mereka juga sudah bergerak. Kita upayakan bantuan secepat-cepatnya untuk penanganan warga terdampak gempa," kata Risma.

Risma mengatakan, untuk pertolongan pertama, personel Tagana setempat telah melakukan evakuasi bersama BPBD dan TNI-Polri. 

Risma juga memastikan jika bantuan logistik berupa matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya akan dikirimkan bertahap.

"Semua logistik di gudang Sulawesi Barat dikeluarkan untuk membantu masyarakat," ujar Risma.

Tak hanya itu, Risma juga mengatakan jika pemerintah agar memberikan santunan kepada korban yang meninggal dunia. Pihaknya akan terus memperbarui informasi korban jiwa gempa Sulbar.

"Datanya akan terus kami perbarui karena tim masih terus melakukan pendataan. Sesuai SOP, untuk korban meninggal akan mendapat santunan Rp 15 juta per orang yang diserahkan kepada ahli waris. Namun, ini tentunya akan diserahkan menunggu seluruh data masuk," kata Risma.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X