Mana yang Lebih Menguntungkan, Simpan Emas Batangan atau Perhiasan?

- Selasa, 14 Juli 2020 | 17:23 WIB
(Ki-ka) Ilustrasi emas antam (ANTARA) dan ilustrasi perhiasan emas (Unsplash/Jacek Dylag)
(Ki-ka) Ilustrasi emas antam (ANTARA) dan ilustrasi perhiasan emas (Unsplash/Jacek Dylag)

Investasi dalam bentuk aset berupa emas, menjadi alternatif investasi yang bisa dilakukan oleh seluruh kalangan, baik investor pemula maupun berpengalaman. Selain harganya cenderung lebih stabil, investasi emas juga disebut lebih aman ketimbang instrumen lain seperti saham, reksadana hingga valas, yang kondisinya lebih volatile ketimbang emas. 

Lalu, jika investasi emas menguntungkan, kira-kira emas batangan atau berbentuk perhiasan kah yang lebih menguntungkan dan mudah jika sewaktu-waktu akan dijual?

Pakar Perencana Keuangan Aidil Akbar memberikan pencerahan. Menurut dia, investasi dalam bentuk emas batangan akan lebih menguntungkan ketimbang investasi dalam bentuk emas perhiasan.  

"Karena kalau emas batangan, itu biasanya 24 karat, murni, dan harganya juga stabil jika dilepas kembali. Berbeda dengan emas berbentuk perhiasan yang biasanya hanya 22 karat karena dia diberi campuran lainnya," ujar Aidil kepada Indozone, Selasa (14/7/2020). 

Selain harga jualnya yang turun, biaya pembuatan atau ongkos produksi dari emas perhiasan biasanya tidak diperhitungkan dalam penjualan kembali. 

"Harganya pasti menyusut," tuturnya. 

Maka itu, ia pun menyarankan jika anda ingin berinvestasi dalam bentuk aset berupa emas, sebaiknya memilih dalam bentuk emas batangan

"Kalau untuk investasi, memang lebih baik dalam bentuk emas batangan," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X