MUI Minta Warga Muslim Tak Ragu Jalani Vaksinasi Saat Sedang Berpuasa

- Jumat, 19 Maret 2021 | 19:35 WIB
Ilustrasi. Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada karyawan hotel di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Mataram, NTB, Selasa (16/3/2021). (photo/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Ilustrasi. Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada karyawan hotel di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Mataram, NTB, Selasa (16/3/2021). (photo/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

MUI kembali menyampaikan imbauan kepada warga Muslim agar tidak ragu menjalani vaksinasi COVID-19 saat berpuasa karena menurut fatwa majelis ulama vaksinasi tidak membatalkan puasa.

"Jangan malas (melakukan vaksinasi). Dianjurkan berpartisipasi dalam rangka menghindari penularan COVID-19," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF saat dihubungi pada Jumat (19/3) dikutip dari ANTARA.

Ia menyatakan bahwa vaksinasi yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 dilakukan melalui injeksi intramuskular sehingga dinilai tidak membatalkan puasa.

"Intinya vaksinasi melalui suntik di bulan puasa atau saat orang puasa itu tidak membatalkan puasa. Kecuali kalau dimasukkan melalui mulut, itu baru membatalkan puasa. Melalui suntik itu tidak membatalkan puasa," kata dia.

Baca juga: MUI Sebut Vaksin AstraZeneca Mengandung Babi dan Haram, Tapi Boleh Dipakai

Hasanuddin berharap penerbitan fatwa MUI mengenai vaksinasi pada bulan puasa bisa menghilangkan keraguan warga Muslim yang akan menjalani vaksinasi saat berpuasa. 

Dia menegaskan bahwa MUI mengeluarkan fatwa tersebut berdasarkan pertimbangan matang, dalil-dalil sahih, dan dasar-dasar hukum yang kuat.

Dalam fatwanya, MUI juga merekomendasikan pemerintah memerhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada bulan Ramadhan.

Pemerintah juga bisa melakukan vaksinasi pada malam hari pada warga Muslim yang berpuasa pada bulan Ramadhan.

Melakukan vaksinasi pada warga Muslim yang kondisi fisiknya menurun karena sedang berpuasa pada siang hari dikhawatirkan bisa menimbulkan efek pada tubuh penerima suntikan vaksin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X