Ditangkap KPK, Harta Kekayaan Edhy Prabowo Jadi Sorotan, Punya Banyak Tanah di Muara Enim

- Rabu, 25 November 2020 | 09:56 WIB
Edhy Prabowo. (Instagram/@edhy.prabowo)
Edhy Prabowo. (Instagram/@edhy.prabowo)

Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu dini hari (25/11/2020). Penangkapan tersebut diduga terkait dengan ekspor benih lobster. Namun, pihak KPK belum memberikan keterangan lebih lanjut soal penangkapan tersebut.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan dan akan segera mengungkap kasus Edhy Prabowo ke publik.

Dikutip dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Edhy Prabowo terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 31 Desember 2019. Total harta kekayaan Edhy yaitu Rp 7.422.286.613.

Edhy memiliki tanah dan bangunan senilai Rp4.349.236.180. Dia tercatat memiliki tujuh bidang tanah dengan luas yang berbeda-beda di Muara Enim, Sumatera Selatan. Selain itu, Edhy juga tercatat memiliki dua bidang tanah di daerah Bandung Barat.

Kemudian, untuk harta bergerak berupa alat transportasi dan mesin yang dimiliki Edhy nilainya mencapai Rp 890.000.000. Ada pun alat transportasi yang dimiliki Edhy mulai dari motor Yamaha RX-King, sepeda BMC hingga mobil Mitsubishi Pajero Sport.

-
Harta kekayaan menteri KKP Edhy Prabowo. (elhkpn.kpk.go.id)

Transportasi termahal yang dimiliki Edhy adalah mobil Mitsubishi pajero Sport Jeep keluaran tahun 2017 yang nilainya mencapai Rp500 juta.

Lalu, harta bergerak lainnya yang dimiliki Edhy nilainya mencapai Rp1.926.530.000. Dia juga memiliki aset berupa kas dan setara kas senilai Rp256.520.433.

-
Harta kekayaan Menteri KKP Edhy Prabowo. (elhkpn.kpk.go.id)

Sebelumnya, Menteri Edhy Prabowo bersama beberapa orang termasuk keluarganya ditangkap sekitar pukul 01.23 WIB di Bandara Soekarno Hatta usai perjalanan pulang dari Amerika Serikat (AS).

"Sekitar jam 01.23 WIB dini hari telah menangkap sejumlah pejabat di linkungan KKP ada pejabat dan juga keluarga menteri KKP. Saat ini sudah diamankan di KPK dan saat ini sedang melakukan pemeriksaan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Kendati demikian, Ghufron belum mau menjelaskan secara detail mengenai kasus yang menimpa Menteri Edhy Prabowo. Dia mengaku, nanti KPK akan menggelar konferensi pers terkait hal ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X