Geger Temuan Artefak Kuno Batu Yoni, Berbentuk Vagina dan Jadi Simbol Kesuburan Kaum Hawa

- Selasa, 16 Maret 2021 | 20:09 WIB
Batu Yoni unik berukuran besar ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. ANTARA/Heru Suyitno
Batu Yoni unik berukuran besar ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. ANTARA/Heru Suyitno

Artefak kuno Batu Yoni unik berukuran besar dan sebuah lingga ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Sub Kelompok Pengamanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Harun Al Rosyid mengatakan bahwa Yoni tersebut unik karena di bagian cerat (corong) ada hiasan nandi atau sapi berdiri utuh.

Yoni dan lingga tersebut ditemukan di lahan pasangan milik pasangan Wahyanto (83) dan C. Suprijati (71).

Yoni tersebut ditemukan terpendam di belakang rumah dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dengan posisi miring. Sedangkan penutupnya atau Lingga berada di dekat kolam ikan di belakang rumah.

"Saya baru kali ini menemukan cerat yang ada nandinya," kata Harun dilansir dari ANTARA, Selasa (16/2/2021).

Menurut dia, saat ini BPCB Jateng masih melakukan kajian terhadap Yoni maupun Lingga tersebut termasuk rencana penyelamatan maupun pengamanan ke depannya.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan, alas Yoni berukuran 146 x 146 sentimeter.

Kemudian tingginya 130 sentimeter, atas 127 x 127 sentimeter, panjang cerat 64 sentimeter, lebar cerat 39 sentimeter, tinggi ceratnya 35 sentimeter.

Suprijati menuturkan, dulu daerah tersebut adalah persawahan. Ketika ingin dibajak petani, alat cangkul mengenai batu. Mereka kemudian menggalinya hingga keberadaan batu itu terlihat.

Namun, batu tersebut lama-kelamaan terpendam dan semakin ambles ke dalam tanah.

"Dulu pernah ada dari purbakala yang datang ke sini, kemudian sekitar dua minggu yang lalu digali lagi," katanya.

Dilansir dari Wikipedia, Yoni diambil dari Bahasa Sanskerta yang berarti bagian atau tempat (kandungan) untuk melahirkan. Kata ini mempunyai banyak arti, di antaranya adalah sumber, asal, sarang, rumah, tempat duduk, kandang, tempat istirahat, tempat penampungan air, dan lain-lain. 

Dalam buku Kama Sutra dan dalam kaitannya dengan batu candi, Yoni berarti pasangan lingga yang merupakan simbol dari alat kelamin wanita. 

Lingga merupakan gambaran dari laki-laki karena bentuknya yang mirip dengan alat kelamin pria. Lingga juga bisa diartikan sebagai simbol kejantanan pria. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X