Kemunculan Pesut Mahakam Bikin Heboh, Kalimantan Jadi Trending Topic

- Selasa, 21 Juli 2020 | 15:06 WIB
Pesut Sungai Mahakam yang mirip dengan lumba-lumba. (Twitter/istimewa)
Pesut Sungai Mahakam yang mirip dengan lumba-lumba. (Twitter/istimewa)

Baru-baru ini beredar informasi mengenai kemunculan lumba-lumba di Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Namun, setelah ditelusuri ternyata itu bukan lumba-lumba melainkan Pesut Mahakam.

Dalam sebuah video viral yang diunggah @BahriBpp di Twitter, memperlihatkan sekumpulan ikan mirip lumba-luba melompat-lompat di Sungai Mahakam. Netizen pun dibuat bingung mengapa Lumba Lumba yang habitatnya di laut bisa ada di Sungai Mahakam.

"Kejadian yg skrg sangat langka d sungai Mahakam.......," tulis @BahriBPP.

Bahkan, ada yang menghubungkan fenomena langka tersebut dengan mitos jawa kuno sebagai sebuah pertanda akan terjadinya suatu peristiwa besar. Namun, itu semua perlu pengkajian lebih dalam.

"Dlm mitologi kuno (babat tanah jawi). Ketika makhluk lain yg bukan alamnya masuk untuk berenang, itu berarti akan ada suatu pertanda yg akan terjadi. Semoga pertanda itu covid segera berlalu, karna hewan liar sudah bisa hidup di dua alam," tulis akun Twitter @BlackAnchor10.

Namun, beberapa warga lokal menjelaskan jika itu bukan lumba lumba. Menurut warga lokal itu adalah Pesut Mahakam yang habitatnya memang di sungai dan sudah mulai langka. Hebohnya pembahasan ini membuat Kalimantan menjadi trending topic di Twitter.

"Itu pesut mahakan, bukan lumba2. Habitat asli di sungai mahakam, bukan hewan laut kesasar. Hewan langka ini hanya ditemukan di hulu sungai daerah pedalaman, karena di hilir sungai area kota air sungainya bnyak limbah & kapal2 besar lewat. Pesut mahakam adalah ikon kota Samarinda," komentar akun Twitter @aan_yagami.

"Betul.. itu namanya Pesut Mahakam, bukan lumba2 atau paus yg tersesat, habitatnya memang di sungai itu yang populasinya berstatus terancam, mari kita lindungi jangan diburu dan jangn buang sampah di sungai..," sahut akun @WafiKakao.

Pesut Mahakam memang jarang sekali terlihat. Bahkan warga menganggap ikan tersebut masuk kategori langka. Namun, jika beruntung ada saja yang berhasil mengabadikan kemunculan Pesut Mahakam.

"Ni temen saya pun beruntung rekam lansung waktu kami kunjungan ke desa Pela Kota bangun Kukar bulan ini.. disana memang kita dapat melihat ikan pesut lansung pada pagi hari dan sore hari," kicau pemilik akun Twitter @sayasaidd.

Artikel Menarik Lainnya: 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X