Kabar Terbaru dari Uji Klinis Vaksin Sinovac, BPOM Tak Temukan Efek Samping

- Kamis, 8 Oktober 2020 | 10:36 WIB
Ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19. (Reuters)
Ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19. (Reuters)

Dengan tingginya laporan kasus infeksi virus corona, kehadiran vaksin menjadi salah satu faktor penting untuk menghentikan virus ini. Indonesia sendiri telah menjalin kesepakatan dengan dua kandidat vaksin Covid-19, yakni Sinovac dan Sinopharm, yang merupakan produksi dari Tiongkok.

Saat ini, kandidat vaksin Sinovac sedang menjalani uji klinis fase III di Bandung, Jawa Barat. Uji klinis fase III vaksin Covid-19 Sinovac ini sendiri dilakukan oleh Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Pengujian ini direncanakan melibatkan 1.620 sukarelawan di Bandung, Jawa Barat.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamis (8/10/2020), vaksin tersebut dikembangkan oleh Sinovac Life Science Tiongkok dengan menggunakan teknologi virus tidak aktif.

Sampai dengan September 2020, telah direkrut 1.089 subjek yang mendapatkan suntikan pertama dan 457 subjek yang mendapatkan suntikan kedua.

BPOM mengatakan bahwa mereka belum melihat adanya temuan efek samping dalam uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac di Bandung.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X