Sekelompok Orang Musnahkan Keris karena Dianggap Syirik, Tagar Save Keris Trending Topic

- Selasa, 4 Agustus 2020 | 11:03 WIB
Sekelompok orang musnahkan keris karena dianggap syirik. (Twitter/@dharma_tc)
Sekelompok orang musnahkan keris karena dianggap syirik. (Twitter/@dharma_tc)

Sekelompok orang membawa sebuah wadah berisi keris, sejenis senjata tajam yang berasal dari Jawa untuk dimusnahkan karena dianggap syirik. Aksi mereka pun viral hingga tagar save keris jadi trending topic.

"Keris adalah bagian dari budaya nusantara. 
Dengan dalil sirik, keris di musnah sekelompok ahli syurga," tulis akun Twitter @dharma_tc dalam thread-nya, Selasa (4/8/2020).

Beberapa orang tampak memotong keris menggunakan gerinda. Mereka meyakini bahwa keris kerap digunakan sebagai media perantara syirik dan untuk praktik perdukunan.

"Ini benda yang dianggap sakti oleh perdukunan," ucap salah seorang dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @dharma_tc.

Padalah, keris merupakan senjata tajam khas masyarakat pulau Jawa yang erat kaitannya dengan unsur budaya. Bahkan pejuang kemerdekaan, seperti Pangeran Diponegoro menggunakan keris sebagai senjata melawan penjajah.

Thread dan video tersebut pun menuai reaksi beragam dari netizen. Mereka tak setuju jika keris yang merupakan simbol budaya dikait-kaitan dengan praktik syirik.

"Keris cuma seni budaya yg bilang musrik congor rusak," komentar akun @WijayaMay1.

"Jahat banget, itu kan karya seni budaya Indonesia, Keris kan dibuat dengan sepenuh jiwa," sahut akun @wsandrapertiwi.

"Saya untk mendapatkan barang itu kadang susah dan hanya dapat yg kw2 saja, bukan utk di sembah atau dijadikan ajimat, tp hny  utk melestarikan budaya karya para empu jaman dulu. Dan tdk membuatku luntur utk tetap beriman dan taqwa pad Tuhan YME," timpal akun @SangKelana__70.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X