21 Juni Hari Meninggalnya Soekarno, Bertepatan dengan Hari Lahirnya Jokowi

- Minggu, 21 Juni 2020 | 12:14 WIB
Hari wafatnya Soekarno bertepatan dengan lahir lahir Jokowi. (Foto: Istimewa)
Hari wafatnya Soekarno bertepatan dengan lahir lahir Jokowi. (Foto: Istimewa)

Selain ulang tahun ke-59 Presiden Jokowi, hari ini, Minggu, 21 Juni 2020, merupakan hari meninggalnya (haul) ke-50 Presiden pertama RI sekaligus bapak pendiri bangsa, Ir Soekarno.

Di media sosial, tak banyak yang mengenang haul Soekarno. Netizen maupun pejabat negara saat ini lebih banyak yang mengucapkan selamat ulang tahun untuk Jokowi, sampai-sampai tagar #HBD59Jokowi menjadi topik tren di Twitter.

Soekarno meninggal dunia pada 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Ketika itu usianya 69 tahun. 

Sebelum meninggal, kesehatan presiden yang dikenal punya banyak istri itu memang sudah menurun sejak tahun 1965. Ia mengidap penyakit ginjal dan beberapa kali pernah dirawat di luar negeri, antara lain di Austria pada tahun 1964.

Ketika Soekarno wafat, Jokowi masih berusia 9 tahun atau kira-kira masih duduk di bangku sekolah dasar.

Soekarno menjadi Presiden Indonesia dalam rentang waktu 18 Agustus 1945 hingga 12 Maret 1967. Di tengah-tengah masa itu, lelaki yang terlahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo itu juga sempat menjadi Perdana Menteri Indonesia ke-11 yakni pada 9 Juli 1959 – 25 Juli 1966.

Berbeda dari Jokowi yang berlatar belakang pengusaha, Soekarno berlatar belakang guru dan cendikiawan. Ia banyak menulis buku semasa hidupnya. Beberapa di antaranya yang cukup banyak dibaca orang adalah 'Indonesia Menggugat'(Imperialisme dan Kapitalisme, Imperialisme di Indonesia, Pergerakan di Indonesia, Partai Nasional Indonesia); 'Di Bawah Bendera Revolusi'; 'Mencapai Indonesia Merdeka', dan 'Sarinah'.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X