Akibat Hand Sanitizer, Sebuah Mobil Habis Terbakar

- Rabu, 20 Mei 2020 | 19:26 WIB
Ilustrasi mobil terbakar. (Pixabay/vainodesositis).
Ilustrasi mobil terbakar. (Pixabay/vainodesositis).

Botol hand sanitizer yang mengandung alkohol ternyata sangat berbahaya jika ditinggal dalam mobil. Hal ini perlu diwaspadai karena dalam kondisi panas yang berlebihan botol bisa meledak dan menyebabkan kebakaran.

Hal ini dialami seorang wanita berumur 22 tahun asal kota Sabah, Malaysia. Mobil Proton Saga-nya terbakar setelah diparkir dekat bank swasta pada pukul 12:40 waktu setempat, saat ingin menarik uang dari mesin ATM. Beruntung ia tidak mengalami cedera serius, akibat kejadian tersebut.

"Setelah menarik uang, saya kembali ke mobil saya dan menyalakan mesin. Ketika itu, saya melihat bunga api keluar dari kompartemennya," katanya dilansir Scop, Senin (20/5/2020)

Manurutnya api itu sepertinya dipicu oleh cairan hand sanitizer yang tersisa di bagian kompartemen Saga miliknya. Karena itu, ia baru sadar bahwa bahwa pembersih tangan itu memiliki efek yang luar biasa selain membunuh kuman.

-
Ilustrasi menggunakan hand sanitizer.(freepik)

Gel yang mengandung etil alkohol atau isopropil alkohol, oleh beberapa sumber mengungkapkan gel itu sangat mudah terbakar dan dapat menghasilkan api, terutama ketika dibiarkan dekat sumber panas, sehingga sangat berbahaya.

Wanita itu cukup terpukul karena sehari sebelum kebakaran tersebut, ia baru menghabiskan uang RM3 ribu atausetara Rp10,2 juta untuk perbaikan dan perawatan mobilnya. Setelah peristiwa naas tersebut petugas pemadam kebakaran sempat dikerahkan. Namun mobil wanita itu tidak bisa diselamatkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X