Ini Wabah Siklus 100 Tahun yang Pernah Menyerang Dunia

- Senin, 23 Maret 2020 | 11:27 WIB
Ilustrasi wabah Black Death. (Culturacolectiva)
Ilustrasi wabah Black Death. (Culturacolectiva)

Sebelum virus corona (COVID-19), ada wabah mengerikan yang juga pernah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Wabah tersebut juga telah merengut nyawa banyak orang. Perekonomian di sejumlah negara juga lumpuh.

Berikut virus mematikan yang pernah menyerang dunia:

1. Tragedi kematian hitam atau Black Death di Eropa

Wabah yang pernah terjadi di tahun 1346-1353 Masehi ini dianggap sebagai wabah mematikan di dunia. Dilansir dari Scientific American, wabah ini berasal dari bakteri Yersinia Pestis.

Bakteri tersebut dibawa oleh hewan-hewan yang berkutu seperti anjing padang, tikus dan tupai tanah. Pada masa itu, wabah tersebut telah menyebabkan 200 juta orang tewas di Eropa, Asia dan Afrika.

2. Wabah Marseille

Pandemi ini berlangsung pada tahun 1720. Wabah ini diketahui berasal dari kapal dagang bernama Grand Saint Antoine yang saat itu mulai berlabuh di Marseille dari Levant.

Mirip seperti black death Eropa, wabah ini menginfeksi manusia melalui kutu tikus oriental. Korban pertamanya saat itu merupakan orang Turki, ia meninggal di kapal tersebut. Tak lama kemudian, awak kapal lainnya juga ikut terinfeksi dan meninggal. Hingga akhirnya, 100 orang meninggal akibat wabah tersebut.

3. Wabah Kolera

Wabah kolera pertama kali menyebar di Timur Tengah, Asia Tenggara, Mediterania dan Afrika Timur. Wabah yang terhadi pada tahun 1820 ini telah menewaskan 100 ribu orang, termasuk di Indonesia.

Pandemi ini diketahui berasal dari endemik Sungai Gangga. Saat itu, orang-orang memanfaatkan air tersebut sebagai air minum. Tanpa sadar, ternyata di dalamnya ada bakteri mematikan.

4. Wabah Flu Spanyol

Pandemi ini juga dikenal sebagai sebagai virus H1N1. Virus yang mewabah pada tahun 1920 ini dianggap sebagai virus paling mematikan karena bisa dengan mudah merusak sistem imun. Virus tersebut diketahui telah menginfeksi 100 juta orang hingga ke Kutub Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X