Lawan Virus Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat
Relawan virus corona (ANTARA FOTO/Ari Bowo).
News

Lawan Virus Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat

Ayo jadi pejuang kemanusiaan!

Kamis, 26 Maret 2020 18:48 WIB 26 Maret 2020, 18:48 WIB

INDOZONE.ID - Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19, Andre Rahardian, menyatakan pemerintah memanggil dan mengajak para relawan menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan dalam memerangi wabah virus corona.

"Pada hari ini kami sudah membuat microsite di website BNPB untuk bisa menerima pendaftaran para relawan sekalian. Alamatnya ada di http://relawan.bnpb.go.id/covid19," kata Andre di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, Indonesia butuh sekitar 1.500 dokter, terutama dokter spesialis paru-paru, anastesi, dan umum pranata laboratorium.

"Juga sekitar 2.500 perawat, dan juga bagian administrasi rumah sakit sampai ke supir ambulan. Ini semua kita terima dan kita panggil sebagai relawan untuk persiapan kita menghadapi pandemi ini," jelasnya.

Gugus tugas bekerja sama dengan banyak asosiasi, LSM, hingga perguruan tinggi, bersama-sama mengajak semua elemen bergabung menjadi relawan. Para dokter dan perawat serta administrasi rumah sakit farmasi akan berada di gugus depan menangani pasien virus corona.

Relawan virus corona. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Relawan virus corona. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

"Sementara teman-teman mahasiswa, mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua sebagai bagian dari pencegahan. Teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi, baik psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui platform online," ungkapnya.

Andre mengatakan dalam pekan ini, semua akan diluncurkan. Besok juga pembukaan pendaftaran relawan dilakukan. Dia mengatakan banyak pihak yang sudah melakukan pengumpulan dan mengajak para relawan. 

"Sehingga kita mempunyai database yang komplit yang realtime mengenai kebutuhan dari relawan yang ada," tegasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Ivanrida
Mula Akmal
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU