5 Universitas Ini Puncaki Reuters Top 100
Kolase. (Reuters/Jessica Rinaldi, Charles Mostoller, Lindsey Wasson, Beck Diefenbach)
News

5 Universitas Ini Puncaki Reuters Top 100

Banyak alumni asal Indonesia.

Rabu, 04 Desember 2019 13:57 WIB 04 Desember 2019, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - Lagi cari tempat kuliah yang berkualitas di luar negeri? Lima universitas di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan kalian. Menduduki peringkat 1-5 Reuters Top 100 The World's Most Innovative Universities 2019, kampus-kampus ini menawarkan atmosfer pendidikan dengan kualitas terjamin, serta kultur yang berbeda.

Seluruh universitas ini terletak di Negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. Tentu bukan sembarang disusun data ini ya guys. Pengerjaannya dilakukan oleh Reuters bersama Clarivate Analytics, berdasarkan intensitas inovasi yang dihasilkan, menciptakan teknologi baru untuk industri, memajukan ilmu pengetahuan, termasuk juga hak paten dan kutipan makalah penelitian.

Bukan perkara mudah bisa diterima kuliah di lima universitas ini. Tapi, bukan berarti sulit juga ya bagi kita-kita yang orang Indonesia. Sebab, banyak orang Indonesia yang berhasil kuliah di kelima universitas ini, lulus dan kemudian sukses berkarir. Mulai dari dosen universitas negeri, eksekutif di berbagai perusahaan swasta, hingga menteri dan wakil presiden.

Sebut saja Guru Besar UI Achmad Zen Umar Purba, mantan Wakil Presiden Boediono, mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, hingga mantan Dirut Chevron Indonesia William Atmajaya yang kuliah di Harvad.  

Berikut 5 Besar Universitas Paling Inovatif Reuters Top 100 2019: 

1. Stanford University

stanford university, reuters top 100
Stanford University. (Reuters/Noah Berger)


Terletak di jantung Silicon Valley California, Stanford University yang didirikan tahun 1891 ini memainkan peran kunci dalam pengembangan jaringan telekomunikasi di dunia, termasuk protokol TCP/IP untuk internet dan domain world wide web (www). Alumninya sukses mendirikan Google, Hewlett-Packard hingga Cisco Systems. Total paten yang dikantongi, 728.

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology, MIT, reuters top 100
Massachusetts Institute of Technology (MIT). (MIT.Edu)


Didirikan pada tahun 1861, karya alumni MIT sangat memengaruhi umat manusia. Sebut saja pengembangan komputer digital hingga Proyek Genom Manusia. Tak heran jika MIT mampu menghasilkan 90 pemenang nobel, dan puluhan peraih penghargaan di dalam dan luar negeri. Alumninya juga mendirikan berbagai perushaaan besar, seperti Bose, Dropbox hingga iRobot. Total paten yang dikantongi, 1.614.

3. Harvard University

harvard university, harvard, reuters top 100
Harvard University. (Wikipedia/Chensiyuan)


Ini salah satu kampus di Amerika Serikat yang banyak diminati orang Indonesia. Sejumlah tokoh negara hingga eksekutif perusahaan di Indonesia, merupakan lulusan universitas yang didirikan pada tahun 1636 ini. Institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat ini pun mencetak 48 peraih nobel, 32 kepala negara dan 48 pemenang Hadiah Pulitzer. Total paten yang dikantongi 1.101.

4. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania, Penn, Reuters Top 100
University of Pennsylvania. (Wikipedia/Jeffrey M. Vinocur)


Didirikan pad atahun 1740, ada nama salah satu founding father Amerika Serikat di balik universitas ini, Benjamin Franklin. Tahun ini, untuk kali ketiga universitas yang akrab disebut Penn ini duduk di peringkat keempat Reuters Top 100. Universitas ini juga memiliki 4 penerima nobel dan empat penerima medali ilmu pengetahuan nasional. Tahun ini, Penn menganggarkan dana penelitian US$1,02 miliar. Paten yang dikantongi, 602.

5. University of Washington

University of Washington, Reuters Top 100
University of Washington. (Wikipedia/Joe Mabel)


Berbeda dengan empat universitas sebelumnya, University of Washington merupakan universitas negeri. Didirikan pada tahun 1861, ini adalah universitas riset publik dengan kampus yang tersebar di Seattle, Tacoma dan Bothell. Menjadi salah satu yang terdepan dalam riset kanker, universitas ini menerima dana penelitian federal lebih besar dibanding universitas lainnya. Paten yang dikantongi, 561.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU