Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Alumnus UII: Ini Sangat Memukul Hati Saya

- Jumat, 1 Mei 2020 | 16:55 WIB
Ilustrasi (Pexels/Magda Ehlers)
Ilustrasi (Pexels/Magda Ehlers)

Setelah dituduh melakukan pelecehan seksual oleh Aliansi UII Bergerak, alumnus Universitas Islam Indonesia (UII), IM menyampaikan klarifikasi berupa tulisan tangan yang diunggahnya melalui Instagram-nya @ibrahimmalik.

"Pertama, saya pribadi meminta maaf atas pemberitaan yang beredar tentang diri saya yang mungkin sudah menggangu kelangsungan ibadah sahabat-sahabat semua...." tulisnya.

IM mengaku terpukul dengan pemberitaan yang beredar. Menurutnya pemberitaan yang ada tidak disertai dengan klarifikasi sehingga ia merasa media telah melakukan pembunuhan karakter terhadap dirinya.

"Tanpa ada klarifikasi dan tabayyun, saya sepeti mendapat serangan fajar yang mengarah pada diri saya (character assassination) yang pasti ini sangat memukul hati saya, apalagi di saat yang bersamaan saya tidak aktif sosmed, berjibaku dengan tugas akhir, dan wabah COVID...," lanjut IM dalam tulisan tangannya.

Ia membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya dan menantang pihak-pihak yang merasa dilecehkan olehnya untuk menempuh jalur hukum.

"Hadirkan saya bersama orang yang pernah merasa dirugikan. Kita bisa saling beradu argumen dan klarifikasi dengan cara yang baik-baik," katanya.

Namun, IM tidak mengaktifkan kolom komentar pada unggahannya tersebut, sehingga tidak ada warganet yang berkomentar. Pada klarifikasinya itu dia menulis caption:

"Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum Wr Wb. Mohon maaf baru aktif kembali sosial media, karena baru tahu hal ini tadi menjelang berbuka. Semoga klarifikasi ini menjawab semua hal yang sedang beredar. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat, hidayah, dan maghfirahnya dibulan Ramadhan ini. Selamat beraktifitas dan menjalankan ibadah puasa untuk semua sahabat. *Mohon maaf comment saya off untuk menghormati kesakralan bulan suci Ramadhan."

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ibrahim Malik (@_ibrahimmalik_) on

IM kini sedang menempuh pendidikan pascasarjana di Melbourne University, Australia. Selain cerdas, IM yang lulus dari UII pada tahun 2016, juga dikenal sebagai ustaz dan sering menjadi pembicara dalam seminar yang digelar di Kampus UII. 

Adapun dugaan pelecehan seksual yang dilakukan IM terungkap setelah Aliansi UII Bergerak membagikan rilis berisi dugaan perbuatan IM.

"Belakangan ini kami mendapatkan informasi dari dua penyintas korban kekerasan seksual di lingkungan kampus Universitas Islam Indonesia. Pelaku bernama Ibrahim Malik, seorang alumnus UII jurusan Arsitektur Angkatan 2012 dan lulus tahun 2016. Terlepas dari dua kasus yang sudah dilaporkan pada kami, ada kasus yang sudah dilaporkan kepada pihak kampus 2 tahun lalu, namun respon yang diberikan oleh birokrat universitas terkait kasus ini di luar harapan, dengan mengatakan bahwa korban mengeluarkan reaksi emosional yang berlebihan. Ini menunjukkan kampus tidak memiliki keberpihakan pada penyintas," demikian petikan rilis tersebut. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X