Bekraf Optimis Pelaku Ekonomi Kreatif dapat Mitra Bisnis di Ajang TEI
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf. (Indozone/Sigit)
News

Bekraf Optimis Pelaku Ekonomi Kreatif dapat Mitra Bisnis di Ajang TEI

Johannes Nainggolan
Rabu, 16 Oktober 2019 20:21 WIB 16 Oktober 2019, 20:21 WIB

INDOZONE.ID - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) optimis keikutsertaan pelaku industri ekonomi kreatif dalam pameran perdagangan internasional terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) dapat membuka kerja sama dengan mitra strategis serta pengembangan peluang ekspor ke luar negeri. 

Deputi Pemasaran Bekraf, Josua Simandjuntak menjelaskan gelaran pameran ini menjadi salah satu modal bagi pelaku industri ekonomi kreatif dalam mengembangkan usaha. 

Menurutnya di sektor ekonomi kreatif tidak bisa ditargetkan dalam bentuk nilai nilai finansial saja, melainkan lebih kepada pertemuan mitra bisnis. Hal ini berbeda dengan perdagangan pada umumnya yang menargetkan angka transaksi dalam jumlah tertentu.

"Kalau di produk kreatif ini jarang sekali yang langsung menghasilkan. Seperti kopi, yang kita cari bukan berapa ton kopi terjual. Tapi mitra bisnis yang bisa membawa brand mereka," ujar Josua kepada Indozone di ICE BSD, Tangerang, Rabu (16/10). 

Ia mengatakan, target besar dari pameran ekonomi kreatif adalah bagaimana sebuah brand asal Indonesia, bisa dikenal dan mendunia. Seperti yang terjadi pada tahun lalu, ada satu brand Indonesia dapat menembus ke pasar Amerika Serikat. 

Namun, sambung Josua, pelebaran sayap ke mancanegara memang membutuhkan waktu panjang. Salah satu brand Indonesia itu memerlukan beberapa tahun untuk bernegosiasi hingga akhirnya bisa hadir di pasar di Amerika Serikat.

"Jadi berbeda dengan komoditas perdagangan ya. Kalau kopi, terjual berapa ton, its clear ya, itu komoditas. Tapi kalau ekonomi kreatif adalah bagaimana kita menciptakan barista-barista handal, dan brand-brand yang dikenal dunia," ujarnya. 

Dalam ajang TEI ke-34 kali ini, Kementerian Perdagangan menargetkan pertumbuhan transaksi sebesar 15 persen atau mencapai 35 ribu transaksi dari ajang tersebut. Catatan Kemendag  jumlah pembeli luar negeri yang hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut mencapai 1.800 buyer dari seluruh dunia. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Johannes Nainggolan
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU