Pernah Jadi Korban Cyberbullying, Anya Geraldine: Saat Ini Sudah Jadi Budaya

- Kamis, 21 Mei 2020 | 22:56 WIB
Anya Geraldine. (photo/Instagram/@anyageraldine)
Anya Geraldine. (photo/Instagram/@anyageraldine)

Selegram sekaligus aktris Anya Geraldine mengaku dirinya pernah menjadi korban Cyberbullying. Berdasarkan pengalamannya, Anya menyimpulkan bahwa perilaku tersebut telah menjadi budaya saat ini.

Beberapa faktor yang menurut Anya adanya Cyberbullying, yaitu mulai dari rasa iri hati pada korban, sekadar ikut-ikutan, sampai ada motif balas dendam. Hal itu disampaikannya dalam acara meet and greet cast Pretty Little Liars di kanal YouTube VIU Indonesia.

“Mungkin in real life mereka itu adalah orang-orang yang tertindas, enggak tahu mau membalas orang-orang yang menindas dia itu gimana caranya. Jadi, dia melampiaskan itu dengan salah satu tokoh atau public figure yang mungkin lagi banyak di-bully, nih, sama yang lain. 'Ikutan, ah',” terang Anya.

“Cyberbullying itu sekarang bisa menjadi part of culture. Karena kalau dilihat dari banyak kasus-kasus yang kemaren, beberapa orang banyak yang viral. Dia sampai ketangkep polisi karena viral, karena dia salah,” tambah Anya.

Di sisi lain, Anya berpendapat bahwa korban cyberbullying tidak selamanya akan menjadi korban. Ia merasa bahwa pelaku juga tidak memiliki kehidupan yang lebih bahagia dari korbannya.

“Tapi, budaya kita membiasakan kayak, 'Udah, orang kayak gitu bully aja, cyberbully aja'. Padahal, kita enggak harus ikutan bully juga. Toh, dia juga udah dapet ganjarannya sampai masuk penjara, misalnya begitu,” lanjutnya.

“Makanya dia ngurusin hidup lo. Kalau emang enggak suka banget, mengganggu banget, mendingan langsung di-block sama dihapus aja. Jadi, enggak usah dibawa pusing karena kita juga masih bisa makan, masih bisa napas gratis, masih bisa hidup, jadi santai aja. Dia juga lupa lama-lama entar,” tutup Anya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X