Selama PSBB, DPRD DKI Minta Anies Turun Langsung Antisipasi Lonjakan Kasus Corona

- Selasa, 26 Mei 2020 | 15:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@dkijakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@dkijakarta)

Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan, harus turun ke lapangan meninjau kondisi masyakarat selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Ia mencermati, selama ini Anies hanya sebatas melakukan imbauan di media tanpa meninjau secara langsung efektivitas pemberlakuan PSBB. 

"Ketegasan Pemprov DKI terasa jauh dari yang seharusnya, karena Gubernur tidak pernah terlihat terjun ke lapangan meninjau langsung selama wabah berlangsung," kata Gilbert di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Gilbert mengatakan, bahwa PSBB di Jakarta tidak berjalan secara efektif dan maksimal. Terlebih lagi, saat H-1 jelang Lebaran banyak masyarakat yang justru keluar rumah dan kembali meramaikan tempat-tempat umum seperti pasar dan lainnnya. 

"Melihat kerumunan masyarakat tanpa jarak dan masker H-1 menjelang Lebaran di pasar, harus diantisipasi kemungkinan lonjakan kasus sekitar 3-4 minggu setelah tanggal 23 Mei," ungkapnya. 

Menurutnya, bentuk respons cepat Gubernur Anies Baswedan dalam memberikan imbauan dan membuat sejumlah aturan guna menekan penularan virus corona (Covid-19) tidak cukup. Karena itu perlu ada ketegasan, terutama dalam hal penindakan dan memberi sanksi terhadap masyakarat yang masih melanggar aturan yang ada. 

"Imbauan dan kata-kata saja tidak cukup, tetapi masyarakat harus dididik dengan misalnya membuat tanda jarak 1 meter di pasar," tuturnya. 

"Tidak cukup dengan mengatakan masyarakat harus sadar seperti yang berkali-kali disampaikan di media oleh Anies," sambung dia.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X