Usai Lebaran, Operasional KRL Kembali Normal Sesuai Aturan PSBB

- Selasa, 26 Mei 2020 | 10:56 WIB
KRL Jabodetabek (ANTARA)
KRL Jabodetabek (ANTARA)

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) Anne Purba, mengatakan bahwa operasional KRL kembali normal hari ini, Selasa (26/5/2020) namun tetap sesuai dengan aturan dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona (Covid-19).

"Mulai Selasa 26 Mei 2020, KRL akan kembali melayani pengguna sesuai jam operasional selama masa PSBB ini yaitu pukul 06.00-18.00 WIB dengan jadwal pemberangkatan KA-KA pertama dari wilayah penyangga Jakarta mulai pukul 05.00 WIB," kata Anne di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Anne menjelaskan, para penumpang atau 
pengguna jasa tetap diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, dan memanfaatkan fasilitas wastafel tambahan yang ada di stasiun untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah naik KRL. 

"Sebagai upaya tambahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 selain protokol kesehatan dan jaga jarak, PT KCI juga mengimbau para pengguna KRL untuk tidak bicara secara langsung maupun melalui telepon genggam selama berada di dalam kereta," ujarnya.

"Hal ini mengingat penularan virus corona adalah melalui droplet atau cairan yang dapat keluar dari mulut dan hidung saat kita batuk, bersin, maupun berbicara," ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan masih berlakunya PSBB di wilayah Jakarta dan sekitarnya, KCI pun mengajak semua pihak untuk mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah agar tidak tertular Covid-19. Pasalnya, risiko terjangkit terbilang masih tinggi.

"Mari kita tetap patuhi anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah. KRL masih beroperasi hanya untuk mereka yang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak dan dikecualikan dalam PSBB. Anjuran dan ketentuan tersebut tentu memerlukan kerja sama dan disiplin dari masyarakat, termasuk para pengguna KRL agar dapat efektif dalam menghambat penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Sebelumnya, manajemen KCI menyampaikan bahwa KRL Commuter Line akan beroperasi secara terbatas di Hari Raya Idul Fitri pada Minggu-Senin atau 24-25 Mei 2020.

Artikel menarik lainnya

Arus Balik Cikampek ke Jakarta Padat, Polisi: Macetnya 3 Km

Kelabui Polisi, Sabu-Sabu 821 Kg Dicampur Asam Kranji dan Asam Jawa, Disimpan di Rantang

Perawat Asal Indonesia yang Berada di Kuwait Meninggal Dunia Karena Covid-19

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X