Partai Demokrat Kubu Moeldoko Siap Ajukan Gugatan ke PTUN Usai Ditolak Pemerintah

- Kamis, 1 April 2021 | 10:30 WIB
KLB Partai Demokrat di Deli Serdang (ANTARA FOTO/Endi Ahmad)
KLB Partai Demokrat di Deli Serdang (ANTARA FOTO/Endi Ahmad)

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menolak pengesahan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) yang menunjuk Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum). Pasca putusan ini, kubu Moeldoko berancang-ancang mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usah Negara (PTUN).

“Negara kita telah mengatur dengan sangat rapi bagaimana sistem penyelesaian konflik partai. Diantaranya ada mekanisme penyelesaian melalui Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Negeri,” kata Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika DPP Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Saiful Huda Ems, Kamis (1/4/2021).

Saiful berujar mekanisme hukum tersebutlah yang bakal ditempuh oleh pihaknya guna mendapatkan keadilan sekaligus mengembalikan marwah Partai Demokrat.

“Mekanisme hukum itu Insya Allah akan kami tempuh untuk mendapatkan keadilan sekaligus mengembalikan marwah Partai Demokrat sebagai partai modern, terbuka dan demokratis, menjadi rumah besar bagi seluruh rakyat Indonesia,” urainya.

Di sisi lain dia mengklaim Partai Demokrat kubu Moeldoko menerima putusan Kemenkumham ini. Sehingga mengambil langkah melakukan gugatan ke PTUN sebagai bentuk warga negara yang taat akan hukum.

“Ini juga membuktikan kepada semua pihak bahwa Bapak Moeldoko taat hukum, tidak pernah menyalah gunakan jabatan sebagaimana yang dituduhkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Baca Juga: Pemerintah Perpanjang Dana Otsus Papua Sekaligus Akan Revisi Sejumlah Peraturan

Kemudian Saiful berkata sebagai Ketum hasil KLB, Moeldoko menghimbau kepada seluruh kader Partai Demokrat dimanapun berada untuk tetap tenang, solid, bersatu dan menjaga ketertiban di lingkungan masing masing.  

“Mari kita tunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia bahwa Partai Demokrat adalah partai yang bersih, cerdas, dan santun,” bebernya.

“Mari kita tunjukkan bahwa Partai Demokrat adalah partai yang memperjuangkan demokrasi berlandaskan Pancasila, yang memperjuangkan nasib rakyat agar makin baik, yang memberi ruang kepada seluruh kader untuk mengembangkan karirnya, yang menjadi partai terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X