Hujan Lebat Guyur Kabupaten Magelang, 2 Wilayah Alami Longsor, BMKG Keluarkan Peringatan

- Rabu, 27 Januari 2021 | 17:59 WIB
Rumah warga rusak akibat longsor di Magelang (BPBD Magelang)
Rumah warga rusak akibat longsor di Magelang (BPBD Magelang)

Curah hujan tinggi yang terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Magelang pada hari Selasa (26/1/2021) mengakibatkan terjadinya tanah longsor di 2 titik lokasi berbeda. 

Lokasi tanah longsor pertama terjadi di Dusun Gayam, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur. Peristiwa ini mengakibatkan akses jalan Dusun tertutup material longsoran, selain itu tebing yang longsor tersebut juga mengancam 2 rumah yang berada di bawahnya.

Sementara itu, di Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter juga longsor. 

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan BPBD Kabupaten Magelang, dari hasil kaji cepat dan penanganan darurat yang dilakukan BPBD di lokasi, kejadian tanah longsor tersebut mengakibatkan 2 rumah mengalami rusak berat, 1 rumah rusak ringan, dan 1 kandang ternak rusak ringan akibat tertimpa material longsoran. 

Selain itu 4 orang mengalami luka-luka akibat terkena material longsoran pada saat kejadian dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Untuk menghindari ancaman longsor susulan, saat ini pemilik rumah beserta keluarga telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Terkait peristiwa ini, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat akan potensi cuaca ekstream dan hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang dalam periode 26 sampai 28 Januari 2021. 

Untuk itu, masyarakat pun dihimbau agar tetap waspada dan hati-hati terkait adanya potensi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai angin, hujan es, dan lain sebagainya serta dampak yang dapat bencana yang dapat ditimbulkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X