Fraksi PAN Apresiasi Pemerintah yang Hentikan Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

- Kamis, 2 Juli 2020 | 12:52 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja.(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja.(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Anggota Komisi IX dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah pemerintah yang menghentikan salah satu program di dalam Kartu Prakerja, yakni paket pelatihan. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan harapan masyarakat selama ini.

Saleh menyebutkan kalau penghentian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi total terhadap pelaksanaan program kartu prakerja itu.

“Kartu prakerja ini adalah salah satu program unggulan presiden Jokowi. Karena itu, pelaksanaannya harus sesuai dengan harapan dan ekpektasi presiden. Harus dapat memberikan solusi bagi para pencari kerja, para pekerja yang ingin meningkatkan skill, dan terutama para pekerja korban PHK," ucap Saleh dalam keterangannya, Kamis (2/7/2020).

Lebih lanjut, Saleh mengimbau jikalau pemerintah masih berniat tetap melanjutkan program kartu prakerja tersebut, maka evaluasi harus dilakukan secara komprehensif. Jika perlu, evaluasi tersebut juga melibatkan aparat penegak hukum.

"Ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya dugaan pelanggaran hukum di dalam pelaksanaan program tersebut. Anggaran pelaksanaan program ini kan besar. Ada Rp20 triliun. Sudah seharusnya program ini mendatangkan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat," ungkapnya.

Sekadar diketahui, paket pelatihan dalam program Kartu Prakerja diisi oleh beberapa mitra platform digital, dan menawarkan produk yang terdiri dari beberapa jenis atau kelas pelatihan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform.

Kendati demikian, setelah melakukan evaluasi, ditemukan tidak adanya mekanisme yang dapat memastikan tiap peserta yang mengambil atau membeli paket pelatihan menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan

"Akibatnya, tidak ada laporan mengenai penilaian peserta pelatihan," bunyi salah satu keterangan dalam surat yang beredar tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X