The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada 107 Pasar yang Ditutup karena Pedagang Positif Covid-19
Ilustrasi pasar yang ditutup.(Unsplash.com/Wahyu Setiawan)
News

Ada 107 Pasar yang Ditutup karena Pedagang Positif Covid-19

Sampai 1 minggu.

Kamis, 02 Juli 2020 20:49 WIB 02 Juli 2020, 20:49 WIB

INDOZONE.ID - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan bahwa terdapat 107 pasar di seluruh Indonesia terpaksa ditutup karena ada pedagang yang terjangkit dan positif virus corona (Covid-19). 

"Tersebar di 16 provinsi, pola penutupannya berbeda beda. Ada yang satu hari, tiga hari bahkan sampai satu minggu," kata Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI, Muhammad Ainun Najib di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Najib mengatakan, adanya keputusan penutupan pasar adalah kebijakan dan alternatif terakhir jika itu pilihan yang harus dilakukan. Sebab, pedagang mengalami kerugian cukup besar akibat penutupan yang didakukan pengelola pasar atau pemerintah daerah. 

"Rata-rata penutupan memang tidak melalui tahapan sebagai mana mestinya, karena melakukan penutupan begitu saja tanpa adanya pemberitahuan dan sosialisasi aktif kepada pedagang. Upaya ini sangat kami sesalkan dan semoga tidak terjadi lagi di hari hari ke depan," tuturnya.

Menurut dia, jika ada langkah penutupan pasar harus ada tahapan yang disampaikan pedagang, serta upaya lainnya seperti entah penyemprotan desinfektan atau upaya lain harus dilakukan secara terbuka. 

"Siapa tahu bisa bergotong royong bersama-sama pedagang," bebernya.

Dia menambahkan, bahwa pasar tradisional merupakan ujung tombak ekonomi daerah, pondasi ekonomi masyarakat serta akhir dari distribusi pangan rakyat. Karena, lanjut dia, jika tidak dijaga bersama, maka dikhawatirkan terjadi banyak persoalan di dalamnya. 

"Dari sisi ekonomi, sisi sosial serta kesehatan. Kami mencatat banyak contoh kasus di beberapa pasar yang ditutup sepihak sehingga pedagang kebingungan pada saat pedagang mau berdagang di hari berikutnya. Langkah-langkah sosialisasi aktif itu penting dilakukan agar setiap kebijakan pemerintah daerah dapat dijalankan secara bersama sama," sambugnya.

Pada prinsipnya, ia menegaskan, IKAPPI akan terus mendorong protokol kesehatan agar terus dilakukan sehingga pasar aman dan steril dari virus corona serta ekonomi kembali tumbuh dan bangkit seperti semula.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Murti Ali Lingga
JOIN US
JOIN US