Ridwan Kamil Dapati Warga Pakai Dana Bansos untuk Beli Baju Lebaran

- Rabu, 20 Mei 2020 | 16:38 WIB
Kiri: Gubernur Jawa Barat. (Instagram/@ridwankamil). Kanan: Sejumlah warga mengantre saat penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Kiri: Gubernur Jawa Barat. (Instagram/@ridwankamil). Kanan: Sejumlah warga mengantre saat penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sejatinya, dana bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah untuk membantu kehidupan rakyat di tengah pandemi corona, digunakan semaksimal mungkin guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan bahwa ada warga yang menggunakan dana bansos itu untuk membeli baju baru.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) episode "Lebaran Ala Corona" pada Selasa (19/5/2020). 

-
Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

"Kita juga mendapati ada dana bansos yang dilaporkan dibelikan untuk baju lebaran, padahal niatnya untuk urusan perut atau survival pangan," ujar Kang Emil lewat video call.

Selaku petinggi daerah, Kang Emil mengingatkan masyarakat untuk menjauhi kerumunan seperti mal agar tidak tertular dan menularkan virus corona. Namun, kenyataan di lapangan malah menunjukkan sebaliknya.

"Ini ada hal-hal yang tidak bisa dikendalikan, maka kami imbau warga untuk jauhi kerumunan karena lebaran kali ini tidak sama, penuh keprihatinan," ungkapnya.

-
Petugas Dishub memeriksa surat tugas kerja calon penumpang KRL di Stasiun Depok Baru, Depok, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Selain itu, kang Emil juga tidak yakin dengan surat dinas yang digunakan oleh warga untuk pergi ke luar kota dipakai untuk urusan pekerjaan.

"Saya pribadi tidak meyakini 100% bahwa surat tugas yang dibawa untuk travelling itu betul-betul tujuannya untuk dinas," jelasnya.

Kang Emil khawatir jika pemudik memanfaatkan libur lebaran yang sebentar lagi tiba, untuk mudik ke kampung halaman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X