Dinilai Tak Menjalankan Tugas dengan Baik, HMI Minta Pimpinan DPRD Sumut Diganti

- Rabu, 6 Januari 2021 | 21:22 WIB
Ketua Umum HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi (Ist)
Ketua Umum HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi (Ist)

Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) menyoroti kinerja dari pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut. HMI menilai pimpinan DPRD Sumut usai dilantik pada 2019 lalu tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi).

"Mulai dilantik pada September 2019 lalu, hingga saat ini, pimpinan DPRD tidak bekerja secara maksimal dan tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya," kata Ketua Umum HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi, di Medan, Rabu (06/01/2020).

Alasannya kata Hasbi, pimpinan di DPRD Sumut saat ini tidak mampu membawa DPRD memperlihatkan keterwakilan mereka atas rakyat. Hal itu dilihat dari banyaknya anggota yang tidak hadir saat rapat DPRD berlangsung.

"Sering kali kita lihat banyaknya anggota DPRD yang tidak hadir saat rapat, padahal itu penting untuk menyuarakan segala keluh-kesah rakyat. Disini kita perlu evaluasi pimpinan-nya, bagaimana proses mereka mengajak para anggota untuk rapat," katanya.

Selain itu, disaat pandemi virus Covid-19 ini, Hasbi menilai DPRD Sumut juga acap kali menggelar kegiatan-kegiatan yang memungkinkan untuk menimbulkan keramaian dan kluster baru, mulai dari kegiatan reses hingga pada kegiatan Rapat Kerja di daerah zona hijau virus COVID-19.

"Disaat masyarakat diharuskan untuk menghindari keramaian dan menjalankan prokes COVID-19 tapi anggota DPRD kita selalu melaksanakan kegiatan yang memungkinkan untuk terjadinya keramaian dan kluster baru, seperti Reses II pada Mei 2020 lalu dan Raker di daerah zona hijau pada September 2020 lalu," terangnya.

Masih menurut Hasbi, bobroknya DPRD Sumut saat ini semakin terlihat karena hari ini, Rabu (06/01/2020) seluruh anggota DPRD Sumatera Utara menerima fasilitas berupa komputer jinjing atau laptop baru. Padahal katanya, masyarakat Sumut saat ini dalam keadaan ekonomi susah akibat dari pandemi COVID-19.

"Saat ini kita dilanda pandemi, dampaknya pada segala lini termasuk ekonomi masyarakat Sumut yang semakin melemah, namun disaat ini juga semua anggota DPRD Sumut menerima laptop baru. Kalau hanya untuk mendukung pertemuan virtual atau zoom meeting saya pikir terlalu dibuat-buat alasannya," ujarnya.

Atas dasar hal itu HMI Sumut meminta agar segala perangkat pimpinan DPRD Sumut untuk segera diganti. Karena menurutnya, boboraknya lembaga DPRD itu disebabkan oleh ketidakpahaman Tupoksi dan ketidaktegasan dari pimpinan DPRD Sumut.

"Agar keboboran ini tidak berlanjut dan tidak semakin parah, HMI mendesak agar pimpinan DPRD Sumut segera diganti, karena buruknya kinerja dari anggota itu disebabkan dari ketidakbecusan pimpinan," tutup Hasbi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X