Terus Ditekan China, Taiwan Disebut Mulai Produksi Rudal Jarak Jauh

- Kamis, 25 Maret 2021 | 17:19 WIB
 Ilustrasi. Militer Taiwan menembakkan roket saat latihan tahunan Han Kuang. (photo/REUTERS/Ann Wang)
Ilustrasi. Militer Taiwan menembakkan roket saat latihan tahunan Han Kuang. (photo/REUTERS/Ann Wang)

Taiwan telah memulai produksi massal rudal jarak jauh dan sedang mengembangkan tiga model lainnya.

Pernyataan itu disampaikan dalam sebuah pengakuan langka Taiwan mengenai upaya untuk mengembangkan kapasitas serangan di tengah meningkatnya tekanan dari China.

China, yang mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai bagian dari wilayahnya, telah meningkatkan aktivitas militer di dekat pulau itu saat mencoba memaksa pemerintah di Taipei untuk menerima klaim kedaulatan Beijing.

Angkatan bersenjata Taiwan, yang dikerdilkan oleh China, berada di tengah-tengah program modernisasi untuk mendapatkan langkah pencegah yang lebih efektif, termasuk kemampuan untuk menyerang balik pangkalan yang berada jauh di dalam China jika terjadi konflik.

Menanggapi pertanyaan anggota parlemen, kepala departemen pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan upaya mengembangkan kemampuan serangan jarak jauh adalah prioritas.

Baca juga: Larang Jual Beli Organ Tubuh, Jokowi Teken Peraturan Presiden Baru

"Kami berharap (rudal) itu jarak jauh, akurat dan gesit," kata Chiu seraya menambahkan bahwa penelitian tentang senjata semacam itu oleh Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan "tidak pernah berhenti" dikutip dari REUTERS, Kamis (25/3).

Berdiri di sebelah Chiu, wakil direktur institut itu Leng Chin-hsu menyebutkan bahwa satu rudal jarak jauh berbasis darat telah mulai diproduksi, dengan tiga rudal jarak jauh lainnya sedang dalam pengembangan.

Leng mengatakan "tidak nyaman" baginya untuk memberikan rincian tentang seberapa jauh rudal itu bisa terbang.

Institut itu, yang memimpin upaya pengembangan senjata Taiwan, dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan serangkaian uji coba rudal di lepas pantai tenggara Taiwan.

Media di Taiwan telah memuat gambar peluncuran rudal itu dan instruksi telah diberikan kepada pesawat untuk menjauhi area uji, tetapi uji coba tersebut dirahasiakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X