Pimpinan DPR Ingin Pemerintah Dukung Uji Klinis Vaksin Nusantara

- Kamis, 25 Maret 2021 | 14:04 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menekankan agar pemerintah dapat membantu dan mendukung proses uji klinis vaksin Nusantara yang digagas oleh mantan menteri kesehatan Terawan Agus Putranto. Kini vaksin Nusantara sudah lolos uji klinis tahap satu. 

"Pemerintah harus mendukung dan mempermudah proses uji klinis vaksin Nusantara maupun vaksin buatan dalam negeri lainnya, mengingat persediaan vaksin Covid-19 yang tersertifikasi halal terbatas,” ujar Azis kepada wartawan, Kamis (25/3/2021).

Karenanya Azis juga berharap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk segera mengeluarkan persetujuan untuk dilakukannya proses uji klinis tahap dua terhadap vaksin Nusantara.

Lebih lanjut Politikus Partai Golkar ini menyatakan agar pemerintah dapat mendukung pembiayaan penelitian vaksin Nusantara ini. Dengan demikian, Indonesia  dapat mempunyai vaksin sendiri dan terjamin kehalalannya.

"Pemerintah untuk mendukung pembiayaan penelitian vaksin Covid-19 dalam negeri, khususnya vaksin Nusantara agar Indonesia dapat memproduksi vaksin sendiri, sehingga mempermudah pengadaan vaksin dan memiliki vaksin yang lebih cocok dengan karakteristik orang Indonesia,  serta lebih terjamin kehalalannya,” tegas Azis.

Sebelumnya diketahui, para anggota Dewan mendorong agar vaksin nusantara bisa segera uji klinis tahap II. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Anshori Siregar mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah memanggil Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk membantu mewujudkan vaksin Nusantara ini.

Politikus PKS ini mendesak agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk berkoordinasi dengan Kementerian Ristek RI untuk terus mendukung penuh vaksin nusantara agar segera uji klinis tahap II.

"Untuk itu saya memohon pimpinan DPR RI mengirim surat kepada pemerintah agar vaksin nusantara ini segera terwujud," tegas dia. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X