The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ribuan Triliun Rupiah Akan Kembali ke Indonesia Usai UU MLA Indonesia-Swiss Disahkan DPR
Rapat Paripurna DPR. (Photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
News

Ribuan Triliun Rupiah Akan Kembali ke Indonesia Usai UU MLA Indonesia-Swiss Disahkan DPR

Rabu, 15 Juli 2020 00:24 WIB 15 Juli 2020, 00:24 WIB

INDOZONE.ID - Rapat Paripurna DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengesahan Perjanjian tentang Bantuan Hukum Timbal Balik Dalam Masalah Pidana Antara Republik Indonesia dan Konfederasi Swiss (Mutual Legal Assistance/MLA RI-Swiss), Selasa (14/7/2020).

Selain itu, Pengesahan RUU untuk menjadi Undang-Undang (UU) tersebut juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Ketua Pansus RUU MLA RI-Swiss DPR, Ahmad Sahroni menjelaskan bahwa RUU ini terdiri dari 39 pasal antara lain mengatur bantuan hukum mengenai pelacakan, pembekuan, membantu menghadirkan saksi serta meminta dokumen, rekaman dan bukti.

Tak hanya mengatur penanganan benda dan aset untuk tujuan penyitaan atau pengembalian aset, UU itu juga akan mengatur enyediaan informasi yang berkaitan dengan suatu tindak pidana, mencari keberadaan seseorang dan asetnya.

“Termasuk memeriksa situs internet yang berkaitan dengan orang tersebut serta menyediakan bantuan lain sesuai perjanjian yang tidak berlawanan dengan hukum di negara yang diminta bantuan,” ujar Sahroni di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Ia juga mengatakan bahwa UU itu menjadi pelaksanaan bantuan timbal balik dalam masalah pidana antara Indonesia dan Swiss dapat dilakukan terhadap tindak pidana yang telah dilakukan sebelum berlakunya perjanjian sepanjang putusan pengadilannya belum dilaksanakan.

Perjanjian ini juga ditujukan untuk pemberantasan korupsi serta membawa hasil tindak pidana korupsi yang disimpan di luar negeri.

“Tidak terbatas masalah korupsi, MLA juga dapat digunakan dalam memberantas kejahatan perpajakan agar dapat memastikan tidak adanya warga negara atau badan hukum Indonesia yang melakukan penggelapan pajak atau kejahatan perpajakan lainnya,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US