Polisi di Cianjur Ini Antar Ibu Melahirkan Pakai Mobil Patroli, Aksinya Patut Diakui

- Kamis, 9 Juli 2020 | 00:32 WIB
Polisi bantu wanita yang ingin melahirkan memakai mobil patroli. (Photo/Facebook/Humas Polda Jabar)
Polisi bantu wanita yang ingin melahirkan memakai mobil patroli. (Photo/Facebook/Humas Polda Jabar)

Akibat jalan yang rusak di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat membuat seorang ibu hamil yang hendak melahirkan tidak bisa dijemput oleh ambulans. Setelah mendengar laporan itu, sebuah mobil patroli polisi jenis double calon diturunkan untuk menembus jalanan yang rusak.

Kanit Binmas Polsek Sidang, Bripka Andik Santoso, yang ikut menolong ibu hamil itu menceritakan bahwa saat itu ia dimintai tolong untuk mengantarkan ibu hamil yang bernama Reni ke puskesmas.

Jarak puskesmas itu 10 kilometer dari lokasi rumahnya di Cicalung, Sirnagalih, Sindangbarang. Karena kondisi jalan yang rusak parah, pihak kepolisian kemudian inisiatif untuk membawa Reni memakai mobil patroli

"Kami yang mendapat laporan ada warga yang hendak melahirkan langsung meluncur ke lokasi, karena setahu kami jalan menuju kampung tersebut rusak parah dan sulit dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, apalagi ambulans," ujar Andik dilansir dari ANTARA, Rabu (8/7/2020).

Andik pun dengan sigap menolong Reni karena ditakutkan ketuban pecah yang bisa mengancam keselamatan ibu dan bayi. Akhirnya, dengan memakai mobil patroli ia dapat mengantarkan Reni hanya dalam puluhan menit.

"Kalau Infrastruktur bagus, warga dari desa tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa belas menit saja untuk sampai ke kota kecamatan atau ke puskesmas terdekat," katanya.

Sebelumnya, ia juga sering memberikan pertolongan ke warga yang membutuhkan tumpangan untuk melahirkan di puskesmas. Ia menambahkan bahwa saat itu ia bernama dengan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sindangbarang pernah menandu ibu yang hendak melahirkan karena buruknya infrastruktur jalan.

"Tidak ada kendaraan roda empat atau roda dua yang berani membawa ibu yang hendak melahirkan karena buruknya infrastruktur, hanya mobil patroli yang cukup tinggi milik polsek yang dapat melibas buruknya medan jalan di wilayah selatan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X