Mengejutkan! Refly Harun Buka Suara Soal Kisruh Sidang Habib Rizieq, 'Demi Keadilan'

- Jumat, 19 Maret 2021 | 15:34 WIB
Kolase foto Refly Harun dan Habib Rizieq Shihab (YouTube)
Kolase foto Refly Harun dan Habib Rizieq Shihab (YouTube)

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun turut mengomentari polemik sidang eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab.

Seperti diketahui, sidang dakwaan Habib Rizieq pada hari ini, Jumat (19/3/2021), sempat diwarnai cekcok.

Sebab, Habib Rizieq menolak menjalani sidang secara virtual. Sedangkan jaksa dan hakim tidak mengabulkan permintaan itu. 

Melalui akun Twitter @ReflyHZ, Refly melontar pertanyaan menohok.

"Demi kepastian hukum JPU minta sidang dilanjutkan tanpa kehadiran HRS. Kenapa tidak demi keadilan, minta hakim perintahkan hadirkan HRS secara langsung?" cuit Refli.

Eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab didakwa atas perbuatan menghasut yang menimbulkan kerumunan di Petamburan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut jaksa, Habib Rizieq melanggar Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan. Tak tanggung-tanggung, Habib Rizieq didakwa dengan lima pasal sekaligus. 

Dia didakwa bersama sejumlah mantan Ketua Umum FPI. Yakni Ahmad Sobri Lubis, Haris Ubaidillah, Ali bin Alwi Alatas, Maman Suryadi dan Idrus. 

"Melakukan perbuatan di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana kekarantinaan kesehatan sebagaimana Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan," ujar jaksa saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Persidangan Habib Rizieq ini sempat diwarnai ketegangan. Sebab, Habib Rizieq menolak tidak dihadirkan langsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Sudah saya sampaikan dari satu jam yang lalu. Saya tidak mau sidang secara online. Titik," ujar Habib Rizieq kepada jaksa yang menjemputnya di lorong ruang tahanan Bareskrim Mabes Polri.

Setelah sempat cekcok, Habib Rizieq akhirnya dibawa masuk ke ruang yang sudah disediakan. Dia pun mengaku dipaksa dan terhina lantaran sikap ini.

"Saya didorong, saya tidak mau hadir. Sampaikan ke majelis hakim, saya tidak ridho dunia akhirat. Saya dipaksa, didorong, dihinakan," ujar Habib Rizieq.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X