Mabes Polri: KKB Sabinus Waker Kerap Rekrut Anak Muda untuk Tameng Melarikan Diri

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 10:33 WIB
Ilustrasi senjata tajam. (Pixabay/Jabbacake)
Ilustrasi senjata tajam. (Pixabay/Jabbacake)

Sabinus Waker, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menamakan kelompoknya Kemabu menjadi sorotan pasca puluhan anggotanya terlibat baku tembak dengan TNI-Polri kemarin. Mabes Polri menyebut KKB ini kerap merekrut anak muda Papua hanya untuk dijadikan tameng mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono. KKB ini diketahui memang berisi personel anak muda.

"Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka," kata Brigjen Awi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Brigjen Awi mengatakan ada maksud tersendiri KKB ini merekrut anak muda. Ternyata mereka hanya ingin menggunakan anak muda sebagai tameng agar mereka bisa leluasa melarikan diri.

"Tujuan (merekrut anak muda) sebagai tameng hidup agar mudah melarikan diri," beber Brigjen Awi.

Sepertti diketahui, KKB pimpinan Sabinus kerap melontarkan aksi teror yang terhitung juga cukup banyak. Terkini, mereka menyerang TGPF di Intan Jaya bahkan terlibat baku tembak dengan TNI-Polri kemarin.

Satu personel mereka tewas dan satu lainnya diamankan TNI-Polri pasca baku tembak itu. Satu anggota KKB itu pun kini masih didalami oleh pihak TNI-Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X