Korea Selatan dan AS Kurangi Latihan Militer Demi Mencegah Virus Corona

- Minggu, 7 Maret 2021 | 08:56 WIB
Korsel dan AS kurangi latihan militer (REUTERS)
Korsel dan AS kurangi latihan militer (REUTERS)

Korea Selatan dan Amerika Serikat akan melakukan latihan militer musim semi minggu ini, tetapi latihan bersama akan lebih kecil dari biasanya karena pandemi virus corona.

Sekutu akan memulai 'latihan pos komando simulasi komputer' selama sembilan hari pada hari Senin, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Korea Selatan dan Amerika Serikat memutuskan untuk melanjutkan latihan setelah mempertimbangkan situasi Covid-19.

Latihan tersebut tidak termasuk manuver luar ruangan, yang telah dilakukan sepanjang tahun, dan jumlah pasukan serta peralatan akan diminimalkan akibat pandemi.

Latihan tersebut juga memberikan kesempatan untuk menilai kesiapan Korea Selatan untuk mengambil alih kontrol operasional masa perang (OPCON), dan serangkaian latihan skala kecil dapat mempersulit upaya Presiden Moon Jae-in untuk menyelesaikan transfer sebelum masa jabatannya berakhir pada tahun 2022.

Bahkan sebelum pandemi, latihan telah dikurangi untuk memfasilitasi negosiasi AS yang bertujuan membongkar program nuklir Pyongyang.

Latihan gabungan tersebut diawasi secara ketat oleh Korea Utara yang menyebutnya sebagai 'latihan perang'.

Sementara Pyongyang terkadang menanggapi latihan semacam itu dengan unjuk kekuatan militernya sendiri, mungkin tidak melakukannya kali ini, kata Chad O'Carroll, CEO Grup Risiko Korea, yang memantau Korea Utara.

Tindakan drastis Korea Utara untuk mencegah wabah Covid-19 telah memperburuk pelanggaran hak asasi manusia dan kesulitan ekonomi, termasuk laporan kelaparan, bagi warganya, yang sudah dilanda sanksi internasional, kata seorang penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X