Menko Airlangga Ajak Milenial Kembangkan Industri Kreatif Demi Ciptakan Lapangan Kerja

- Selasa, 9 Maret 2021 | 23:02 WIB
 Menko Airlangga Hartarto (photo/Instagram/airlanggahartarto_official)
Menko Airlangga Hartarto (photo/Instagram/airlanggahartarto_official)

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong dan menyambut baik komitmen para milenial pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan industri kreatif Tanah Air dalam rangka menciptakan lapangan kerja.

“Industri kreatif merupakan salah satu sektor yang diharapkan bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Menko Airlangga di Jakarta, Selasa (9/3) dikutip dari ANTARA.

Menko Airlangga mengatakan Asia Tenggara merupakan potensi pasar yang besar, didukung dengan jumlah penduduk serta stabilitas ekonomi maupun politik sehingga harus dimanfaatkan secara optimal.

“Di tengah pandemi ada yang namanya magic box bernama smartphone. Kebutuhan hiburan makin tinggi sehingga harus dimanfaatkan dengan konten-konten kreatif. Produk-produk virtual harus kita dorong, bukan hanya yang sifatnya fisik,” jelas Menko Airlangga.

Pemerintah juga telah mengakomodasi pengembangan ekonomi kreatif dan digital melalui kebijakan seperti UU 11/2020 tentang Cipta Kerja dengan turunannya PP 7/2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Baca juga: Mensos Risma Sebut Pandemi Bikin Angka Kemiskinan Indonesia Lebih Berat

Menko Airlangga menjelaskan strategi pengembangan kewirausahaan termasuk ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan adalah meningkatkan kapasitas usaha, akses pembiayaan bagi wirausaha, penciptaan peluang usaha, dan start-up, serta nilai tambah usaha sosial.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, subsektor ekonomi kreatif memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional dengan menyumbangkan 7,44 persen terhadap PDB, 14,28 persen tenaga kerja, dan 13,77 persen ekspor.

Data pun mencatat ada sekitar 8,2 juta usaha kreatif di Indonesia yang didominasi oleh usaha kuliner, fesyen, dan kriya sehingga tiga subsektor ini memiliki kontribusi terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif.

Selain itu, terdapat beberapa sub sektor dengan pertumbuhan tercepat yaitu TV dan radio, film, animasi, video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X