Heboh Warga yang Tangkap Napi Tiongkok Kabur dapat Rp100 juta, Ini Penjelasan Polisi

- Kamis, 1 Oktober 2020 | 18:33 WIB
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)

Sebuah selebaran DPO Cai Changpan, narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang sudah tersebar dan menyebut jika polisi akan memberi imbalan Rp100 juta untuk masyarakat yang berhasil menemukan Cai. Menanggapi hal itu, Polda Metro Jaya memberikan penjelasan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyebut pihaknya mengeluarkan selebaran DPO Cai Changpan tanpa adanya tulisan sayembara di selebaran itu. Yusri menyebut selebaran yang dia keluarkan hanya yang dia berikan ke wartawan.

Selebaran yang dia berikan itu bukanlah yang tertulis imbalan Rp100 juta. Selebarannya hanya berisi foto sang DPO dan ancaman hukuman kepada siapa saja yang membantu Cai.

"Yang benar itu selebaran yang saya kirim (tanpa ada tulisan hadiah Rp100 juta)," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

-
(Kiri) Selebaran DPO Cai Changpan yang tersebar. (Kanan) Selebaran versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)

 

Pada foto selebaran yang pertama, tercatat ada tulisan imbalan Rp100 juta untuk siapa saja yang berhasil menemukan Cai. Imbalan itu untuk masyarakat yang berhasil.

Sedangkan foto selebaran yang disebar oleh Kombes Yusri, tidak ada tulisan mengenai hadiah sayembara itu. Yang ada hanya ancaman pasal untuk siapa saja yang melindungi sang napi.

"Pasal 223 KUHP, barang siapa dengan sengaja melepaskan atau menolong, melindungi orang yang ditahan atau napi bisa dihukum pidana dua tahun delapan bulan," tulis selebaran yang dikirim oleh Kombes Yusri kepada wartawan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X