BPBD Tanjungpinang ke Masyarakat: Awas Hoaks Bencana Alam

- Senin, 4 Januari 2021 | 16:53 WIB
Ilustrasi hoax terkait bencana alam (photo/Ilustrasi/INDOZONE)
Ilustrasi hoax terkait bencana alam (photo/Ilustrasi/INDOZONE)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Kepri, meminta masyarakat agar waspada menyusul adanya hoaks bencana di daerah itu yang tersebar di media sosial.

Kepala BPBD Kota Tanjungpinang Dedy Syufri Yusja di Tanjungpinang, Senin, mengatakan bahwa sejumlah foto dan informasi hoaks tersebar di media sosial mengenai kejadian bencana alam banjir dan longsor.

Dedy mengakui telah menerima banyak laporan soal bencana alam di Tanjungpinang menelan korban jiwa, lalu Tanjungpinang jadi lautan, dan buaya masuk ke rumah warga.

"Padahal semua kejadian itu di luar Tanjungpinang, bahkan ada kejadian di Malaysia. Jadi, foto dan informasi yang beredar itu saya bantah," tegasnya.

Untuk itu dia mengingatkan agar masyarakat Tanjungpinang lebih teliti lagi dalam menerima dan menyebarkan informasi terkait bencana alam.

Menurutnya, informasi bohong yang beredar tersebut dapat memicu kepanikan masyarakat. Di samping itu, penyebar hoaks dapat ditindak tegas oleh aparat penegak hukum.

"Saya imbau warga bijak menggunakan media sosial. Sebaiknya kita bahu-membahu membantu masyarakat terdampak banjir dan longsor," imbuhnya.

Dedy mengatakan bencana banjir dan longsor yang melanda Tanjungpinang, Sabtu (2/1), diakibatkan air laut pasang dan ditambah curah hujan yang cukup tinggi sehingga peristiwa tersebut tidak bisa dihindari.

"Hingga detik ini, kami belum ada mendata dan menerima adanya korban jiwa, hanya saja ada rumah yang terkena banjir dan longsor," ungkapnya.

 Pihaknya masih melakukan pendataan terkait kerusakan rumah dan infarstruktur imbas banjir dan longsor tersebut.

"Dari data sementara, warga terdampak banjir dan longsor sekitar 3.210 jiwa. Semuanya sudah dievakuasi ke posko darurat bencana," kata Dedy. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X