Ini Skenario Penyelamatan Dana Nasabah Jiwasraya Melalui BPUI

- Rabu, 24 Juni 2020 | 20:43 WIB
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj)
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj)

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membenarkan bahwa ada upaya untuk menyelamatkan dana nasabah Jiwasraya, melalui skenario pengalihan sebagian nasabah Jiwasraya ke.perusahaan baru, ke PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/BPUI, dan berada di bawah holding BUMN asuransi. 

Hal itu pertama kali diungkap oleh Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea. Bahkan, Robertus sempat menyebut bahwa skema pengalihan nasabah ini tengah disiapkan oleh manajemen Jiwasraya. Sementara itu, terkait pembentukan usaha baru, hal ini akan ditangani oleh BPUI.

Direktur PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko sendiri saat dikonfirmasi Indozone membenarkan hal itu. Menurutnya, nantinya seluruh portofolio dari sebagian nasabah Jiwasraya, akan dialihkan ke BPUI. 

"Nantinya semua portfolio, termasuk Korporasi, ritel dan ex bank assurance akan direstrukturisasi, kemudian dipindah ke New Corporate (Perusahaan baru) dibawah holding, untuk  penyelamatan polis nasabah Jiwasraya," ujar Hexana kepada Indozone, Rabu (24/6/2020). 

Adapun terkait berapa nasabah yang polis dan keanggotaannya akan dialihkan, nantinya akan tergantung dari dana yang tersedia. 

"Subject terhadap ketersediaan dana penyelamatan dan perijinan serta kesuksesan (proses) restrukturisasi," ungkap Hexana. 

Robertus sendiri sebelumnya pernah menyampaikan bahwa skema yang akan digunakan untuk penyelamatan Jiwasraya ini adalah bridge bank, yakni menyelamatkan institusi keuangan yang mengalami kesulitan finansial terutama di permodalan dengan memindahkan aset portofolio kepada satu usaha.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X