Tanggulangi Karhutla, Polda Sumsel Menurunkan Personel Brimob

- Minggu, 18 Agustus 2019 | 19:13 WIB
photo/ANTARA/Yudi Abdullah
photo/ANTARA/Yudi Abdullah

Sebagai upaya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah kabupaten dalam provinsi setempat, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menurunkan personel Brimob.

"Personel Brimob hari ini diturunkan ke Kabupaten Musi Banyuasin untuk membantu menanggulangi karhutla yang terjadi sejak beberapa hari terakhir agar tidak makin parah dan mengakibatkan bencana kabut asap," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol. Firli di Palembang, Minggu.

Bukan hanya bertugas untuk membantu pemadaman lahan gambut, perkebunan, pertanian, dan kawasan hutan, pihaknya juga berupaya melakukan penegakan hukum terhadap siapa pun yang terbukti melakukan pembakaran secara sengaja pada musim kemarau ini.

Diketahui bahwa saat ini sudah ada beberapa orang yang diperiksa terkait kasus Karhutla di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Sebagai upaya memaksimalkan penegakan hukum, pihaknya mengharapkan partisipasi masyarakat melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat kalau mengetahui ada seseorang atau pihak perusahaan yang sengaja membakar untuk membersihkan dan membuka lahan baru.

Komandan Satuan Brimob Polda Sumsel Kombes Pol. Yuri Karsono mengatakan bahwa ada 110 personel BKO ke Polres Musi Banyuasin untuk mendukung operasi penanggulangan karhutla di kabupaten tersebut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X