Lokasi Ibu Kota Baru adalah di Kalimantan Timur

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:32 WIB
Kementerian PUPR
Kementerian PUPR

Ibu Kota baru RI akhirnya diungkap oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil. Ibu kota baru adalah Kalimantan Timur, tapi lokasi pastinya masih dirahasiakan. Pemerintah akan mengumumkan jika lokasi spesifik sudah ditetapkan.

Untuk tahap pertama, pemerintah membutuhkan lahan seluas 3 ribu hektar, dan untuk tahap selanjutnya butuh 300 ribu hektar lahan. Harapannya, ibu kota baru akan berkembang menjadi kota yang menarik.

"Untuk core pertama itu sekitar 3.000 ha. Setelah itu luasnya 200.000-300.000 sehingga bisa dibikin kota taman, kota yang indah, banyak tamannya orang bisa hidup sehat, udaranya sehat. Sehingga kita harapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik," jelasnya.

Gedung-gedung yang diutamakan dibangun di tahap pertama adalah kantor presiden, kantor menteri dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama Kalimantan Timur memang ramai dibicarakan sebagai calon ibu kota.

Pulau Kalimantan juga merupakan wilayah yang aman dari jalur bencana. Tidak seperti Jawa, Sulawesi, atau Papua, daerah yang tergolong aman dari risiko gempa adalah Kalimantan. Risiko yang menghadang hanyalah kebakaran lahan dan hutan.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X