Bapeten dan BATAN Bersihkan Lokasi Radioaktif di Serpong
Tim Teknis Kimia Biologi Radioaktif Gegana Brimob Mabes Polri dan Tim Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan pengukuran tingkat paparan tinggi radioaktif yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (15/2/20
News

Bapeten dan BATAN Bersihkan Lokasi Radioaktif di Serpong

Tetap diawasi.

Minggu, 16 Februari 2020 13:19 WIB 16 Februari 2020, 13:19 WIB

INDOZONE.ID - Radioaktif yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Serpong, Tangerang Selatan, tak akan meluas. Hal ini disampaikan pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melalui Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Indra Gunawan.

Kendati demikian, lanjut Indra, pihaknya saat ini melarang masyarakat diminta untuk tidak mendekat dan beraktivitas di sekitar lokasi ditemukannya radioaktif.

Menurutnya, sejumlah langkah penanganan sudah dilakukan oleh Bapeten terkait penemuan radioaktif ini.

"Saat ini saya di TKP (lokasi penemuan radioaktif," kata Indra saat dihubungi Indozone, Minggu (16/2/2020).

Sementara itu, Kabiro Humas dan Kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Heru Umbara mengatakan, pihaknya bersama Bapeten mengangkut tanah yang mengandung zat radioaktif di lokasi. Paparan radiasi di lokasi pada hari ini pun dikatanya olehnya menurun. 

"Ada 28 pekerja yang dibagi dalam empat kelompok untuk membersihkan secara bergantian lokasi radioaktif dengan kelompok lain tiap  satu jam," ujar Heru

"Setelah seluruh tanah dinaikkan, kita masih melakukan mapping hingga lokasi dinyatakan aman," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Murti Ali Lingga
Fauzi

Fauzi

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU