Kemenkes Hari Ini Bahas Pemulangan WNI yang Dikarantina di Natuna

- Kamis, 13 Februari 2020 | 11:43 WIB
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Wuhan, melakukan senam bersama prajurit TNI di Hanggar Lanud TNI AU Raden Sadjad di Natuna, Kepulauan Riau (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Wuhan, melakukan senam bersama prajurit TNI di Hanggar Lanud TNI AU Raden Sadjad di Natuna, Kepulauan Riau (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Masa tenggat observasi kesehatan atau karantina Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan akibat wabah virus corona alias COVID-19 dari Wuhan, Tiongkok dan dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau diketahui bakal selesai pada Sabtu (15/2/2020). Pemerintah bakal mempersiapkan kepulangan mereka ke rumah masing-masing.

Lantas seperti apa persiapannya? Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI (P2P) Ahmad Yurianto menegaskan, pihaknya kini masih berkordinasi secara teknis kepulangan WNI yang tengah menjalani observasi.

"Seharusnya pagi ini ada rapat teknis ya, namun ada Kapolri, Panglima TNI, Menkes Terawan beserta anggota DPR RI Komisi 9 yang datang berkunjung. Jadi agenda rapat ya kita mundurkan, mungkin sore atau malam nanti," jelasnya saat dihubungi Indozone, Kamis (13/2/2020).

Observasi kesehatan akan diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni 14 hari. Setelah observasi kesehatan selesai, maka para WNI akan dipulangkan.

Skema pemulangan sendiri masih dirapatkan dengan kementerian lain. Sebab Kemenkes hanya memiliki otoritas terhadap observasi kesehatan.

"Untuk teknisnya sih dibawa dulu ke Jakarta baru menyebar pulang ke wilayah masing-masing. Namun nanti masih dirapatkan lagi," lanjutnya.

Sebelumnya, diketahui kondisi para WNI yang tengah menjalani observasi kesehatan, disebut Kemenkes dalam kondisi sehat, tidak menunjukkan gelaja seperti demam, batuk dan pilek atau bahkan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19, jelang berakhirnya masa observasi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X