Forbes: Indonesia Macan Baru di Asia Tenggara

- Kamis, 30 Mei 2019 | 00:33 WIB
(photo/asbarez.com)
(photo/asbarez.com)

Negara Indonesia dijuluki sebagai macan baru di Asia Tenggara oleh majalah bisnis Forbes. Kontributor Forbes, Elad Natanson di artikelnya menyebutkan negara Indonesia telah mendorong perkembangan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Untuk saat ini, negara yang dikenal sebagai ekonomi macan Asia adalah Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. Hal itu dikarenakan industrialisasi, perdagangan, dan pengembangan keuangan yang cepat menyebabkan tingginya tingkat pertumbuhan berkelanjutan.

Natanson memaparkan alasan mengapa Indonesia menjadi macan baru di Asia Tenggara. Pertama karena usia rata-rata penduduk Indonesia adalah 29, dan 60 persen dari populasi adalah 40 atau di bawah.

Kemudian alasan keduanya adalah karena Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang paling mobile di dunia.

Artinya, dari 150 juta pengguna internet di Indonesia, 92 persen atau 142 juta orang adalah mobile.

Alasan ketiga karena sebanyak 60% orang dewasa di Indonesia telah memiliki smartphone dan menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

"Ketiga faktor ini membuat Indonesia mewakili populasi besar penduduk asli digital muda yang paham mobile," tulis Natanson dalam lama Forbes.com

Diketahui, orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 206 menit sehari untuk bermain sosial media.

Platform media sosial yang terkenal seperti Youtube, Facebook, dan Whatsapp digunakan lebih dari 80 persen orang di Indonesia.

Sementara itu, sebanyak 76 persen pengguna internet di Indonesia suka membelanjakan uangnya di e-commerce seluler dari negara mana pun di dunia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X