Para Pemuda di Depok Belajar Citizen Journalism

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 16:35 WIB
Ilustrasi warga yang mengabadikan sebuah momen menggunakan smartphone. (Istimewa)
Ilustrasi warga yang mengabadikan sebuah momen menggunakan smartphone. (Istimewa)

Pemuda Persatuan Islam (Persis) Depok mendapatkan pelatihan jurnalitisk yang juga dibuka untuk umum. Pelatihan ini fokus kepada bagaimana menjadi jurnalisme warga atau citizen journalism yang baik dan benar.

Pelatihan yang lakukan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada pemuda di Depok yang punya minat di dunia jurnalistik bisa mengenal lebih jauh tentang dunia jurnalistik.

Para pemateri dari pelatihan ini tidak hanya berlatar belakang akademisi, melainkan juga praktisi yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia media.

Dosen UBSI yang juga praktisi media, Subroto Kardjo menjelaskan tentang langkah-langkah awal bagi para pemula untuk mulai menulis atau meliput suatu berita. Ada empat langkah yang disebutkan yakni menentukan angle, membuat judul, menulis lead dan membuat badan berita.

"Empat langkah ini menjadi hal yang sangat penting untuk membuat sebuah berita yang layak dimuat. Selain itu 5W + 1 H itu juga harus terpenuhi," jelasnya dalam pelatihan itu.

Subroto juga menyinggung soal banyaknya beredar informasi di media sosial yang belum tentu kebenarannya. Karena itu, para pemuda diharapkan lebih memperhatikan lagi apakah informasi itu hoaks atau bukan dengan cara melihat apakah unsur-unsur kaidah penulisan berita terpenuhi atau tidak.

"Jadi dilihat dulu, apakah ini ada 5W + 1H dalam berita tersebut. Bisa jadi itu hoaks," tegasnya.

-
Dosen UBSI, Subroto Kardjo saat memberikan materi pelatihan jurnalistik ke pemuda di Depok via Zoom, Kamis (5/8/2021). (Istimewa)

Ketua Pemuda Persis Depok, Zulfikar mengapresiasi adanya pelatihan ini. Menurutnya, ilmu yang diberikan oleh pemateri terkait jurnalisme ini sangat bermanfaat dan membuka pandangan mereka dengan dunia media.

BACA JUGA: Pemerintah Geser Tanggal Libur Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi

"Terima kasih banyak atas waktu dan ilmu yang sudah dibagi. Semoga ini bukan jadi yang terakhir kita bertemu karena kami berharap akan ada lagi pelatihan-pelatihan berikutnya.," ungkapnya.

Ketua pelaksana pelatihan jurnalistik, Maya May Syarah mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini dilakukan untuk memotivasi masyarakat Depok dalam meningkatkan kemampuan literasi media.

"Termasuk lebih bijak dalam menghadapi era new media serta tentunya meningkatkan kemampuan untuk menulis di media massa," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X