The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wewenang Satpol PP Jadi Penyidik seperti Polisi, Ini Penjelasan Wagub DKI
Sejumlah personel Satpol PP dan Linmas melakukan apel Penegakan Pendisiplinan PPKM Berskala Mikro. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
News

Wewenang Satpol PP Jadi Penyidik seperti Polisi, Ini Penjelasan Wagub DKI

Terkait pelanggaran prokes.

Kamis, 22 Juli 2021 09:42 WIB 22 Juli 2021, 09:42 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi terkait usulan wewenang khusus kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI untuk bisa menjadi penyidik seperti polisi.

Artinya, Satpol PP bisa menindak secara hukum bagi pelanggar protokol kesehatan. Hal itu tertuang dalam usulan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2020 tentang penanggulangan Covid-19.

"Sudah menjadi aturan dan ketentuannya bahwa ada PNS yang memiliki kualifikasi dan kewenangan sebagai penyidik," ucapnya, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: Selebgram Gebby Vesta Tuding Covid Dibisniskan, Mau Terbang Harus Pakai Surat RT/RW

Riza menyebutkan dalam Raperda tersebut dibutuhkan bantuan dukungan dari polisi untuk dapat melaksanakan tugas-tugas aparat hukum, namun selama ini belum ada penguatan secara landasan hukum.

"Namun kita beri penguatan landasan hukum, payung hukum supaya memberi efek jera kepada masyarakat," terangnya.

Kendati demikian, politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, sanksi pidana tidak serta-merta langsung diberikan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, namun yang berulang.

"Diberikan sanksi ini dipidanakan bagi mereka yang mengulang-ulang atau sembunyi-sembunyi melanggar ketentuan prokes," tandas Riza Patria.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Sarah Hutagaol
M Fadli

M Fadli

Writer
Sarah Hutagaol

Sarah Hutagaol

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US