PPKM Level 4 Boleh Dine In: Cuma 20 Menit, Jangan Banyak Bicara dan Tertawa Keras

- Senin, 26 Juli 2021 | 17:14 WIB
Mendagri Tito Karnavian. (photo/Instagram/@titokarnavian)
Mendagri Tito Karnavian. (photo/Instagram/@titokarnavian)

Pemerintah RI memutuskan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sampai 2 Agustus 2021. Namun kali ini, ada beberapa kelonggaran yang diberikan.

Pusat perbelanjaan, mal dan pusat perdagangan bisa dibuka hingga pukul 17.00 WIB dengan kapasitas 25 persen.

Kemudian, warung makan, pedagang kaki lima, tempat jajanan atau usaha yang berada di ruang terbuka, diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pengunjung yang dine in atau makan di tempat diberi waktu maksimum 20 menit.

"Prinsipnya saya kira 20 menit cukup bagi kita untuk makan di suatu tempat," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, saat jumpa pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/7/2021). 

Ia meyakini bahwa pembatasan waktu dine in itu bisa dilaksanakan asalkan masyarakat dan petugas saling bekerja sama.

"Eksekusinya tentu kita sangat berharap kepada para penegak aturan tersebut, mulai dari pemerintah daerah, Satpol PP, kemudian didukung oleh rekan-rekan Polri dan TNI, serta pelaku usahanya sendiri dan juga sekaligus kepada masyarakat. Jadi memang ada tiga pihak yang penting untuk bisa efektifnya berlaku aturan ini," tutur mantan Kapolri itu.

Tito pun berharap masyarakat bisa memahami kebijakan itu karena tujuannya untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Dan itu pun sudah ada dalam PPKM, Instruksi Mendagri, upayakan tidak membuat aksi atau kegiatan yang membuat terjadinya droplet, aerosol bertebaran, seperti mengobrol keras, tertawa keras. Mungkin kedengaran lucu, tapi di luar negeri, di beberapa negara lain sudah lama diberlakukan itu. Jadi makan tanpa banyak bicara dan kemudian 20 menit cukup, setelah itu memberikan giliran kepada anggota masyarakat yang lain," tegas dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X