Kisah Dokter Spesialis Bedah Tulang Datang ke Baduy Dalam, 'Dibayar' Pakai Hasil Bumi

- Minggu, 26 Desember 2021 | 13:14 WIB
Dokter dibayar dengan hasil bumi oleh warga Baduy Dalam (Facebook/Omat Rachmat Hasbullah)
Dokter dibayar dengan hasil bumi oleh warga Baduy Dalam (Facebook/Omat Rachmat Hasbullah)

Suku Baduy Dalam merupakan Suku Sunda pedalaman yang tidak terpengaruh dengan modernisasi. Penduduknya mengasingkan diri dari dunia luar dan hidup berdampingan dengan alam.

Biasanya, warga Baduy Dalam hanya menerima pengobatan tradisional. Namun, baru-baru ini viral unggahan mengenai seorang dokter yang melakukan operasi terhadap warga Kampung Cibeo Baduy Dalam.

"Siang setelah sholat jumat, DR Omat Rachmat Hasbullah dan tim beserta bidan yang stand by di Poskesdes melakukan tindakan operasi pada pasien asal Kp Cibeo Baduy Dalam. Tindakan operasi dilakukan di Binong Nangerang yang merupakan lokasi perbatasan antara Baduy dan Kp Kebon Cau. Lokasi ini hanya sekitar 40 menit berjalan kaki dari Kp Cibeo.," tulis akun Facebook Muhammad Arif Kirdiat, dikutip Minggu (26/12/2021).

Berdasarkan penjelasan akun tersebut, tindakan medis seperti operasi sebenarnya sangat sulit dilakukan di Baduy Dalam. Segala tindakan medis yang dilakukan harus melalui persetujuan berbagai pihak.

"Jaro Sami, selaku kakek dari Mursid, pasien yang dioperasi mengatakan bahwa dirinya khawatir dengan kondisi cucunya usai setahun lalu terkilir namun tak kunjung membaik meski telah dibawa ke berbagai tukang urut yang ada," lanjutnya.

Saat operasi berlangsung, ratusan warga Baduy Dalam lainnya menunggu di luar Poskesdes. Mereka penasaran dengan hasil operasi tersebut dan sekaligus ingin memeriksakan kondisi kesehatan diri sendiri dan anak.

Sebagai ungkapan terima kasih, Kakek Jaro, Ayah Mursid dan Panggiwa Kemik memberikan hasil bumi kepada dokter berupa pisang tanduk, gula aren, dan juga durian.

"Inilah sejarah baru dimana dokter spesialis bedah tulang datang ke Baduy dan melakukan operasi bagi warga Baduy Dalam. Ini menarik bagi saya, ada dokter yang mau 'dibayar' pakai hasil bumi. Hatur nuhun Pak Dokter Omat Rachmat Hasbullah dan tim yang sudah mau datang ke Baduy, semoga Allah membahas amal kebaikannya dengan yang lebih baik … Amin," pungkas Arif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X